Anak Muda Indonesia, Ikutan Yuk "ASEAN Data Science Explorers"
foto: dok. ASEAN Foundation

Anak Muda Indonesia, Ikutan Yuk "ASEAN Data Science Explorers"

Jumat, 5 Mei 2017 | 14:00 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Untuk menandai tonggak sejarah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations – ASEAN) yang berulang tahun ke-50, ASEAN Foundation tengah bekerjasama dengan mitra strategis untuk membangun beberapa inisiatif baru yang difokuskan untuk membangun identitas ASEAN. Inisiatif pertama adalah penyelenggaraan "ASEAN Data Science Explorers" (ASEAN DSE), sebuah kompetisi regional yang diorganisir bersama dengan SAP, pemimpin pasar dalam perangkat lunak aplikasi enterprise.

Menargetkan mahasiswa tingkat diploma di seluruh 10 negara anggota ASEAN dari berbagai disiplin ilmu, kompetisi analisis data ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat ASEAN di kalangan pemuda ASEAN. Bertajuk“Today’s Youth forTomorrow’s World," kompetisi ini akan memungkinkan semua anak muda ASEAN untuk memainkan peran kunci dalam mengatasi masalah sosial yang tengah dihadapi kawasan ini saat ini dan membantu menciptakan perubahan positif bagi masa depan yang lebih baik.

Dengan menggunakan SAP BusinessObjects Cloud, inisiatif tersebut mendorong peserta untuk menyampaikan wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu di ASEAN seputar 6 Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang dikeluarkan oleh PBB, yang meliputi: (1) kesehatan dan kesejahteraan yang baik, (2) pendidikan berkualitas, (3) kesetaraan jender, (4) air bersih dan sanitasi, (5) pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, dan (6) kelangsungan kota dan masyarakat yang berkelanjutan. Inisiatif ini juga akan membantu mewujudkan mewujudkan Cetak Biru Komunitas Sosial Budaya ASEAN 2025 untuk menciptakan komunitas ASEAN yang melibatkan dan memberi manfaat bagi masyarakat, dan bersifat inklusif, berkelanjutan, tangguh dan dinamis.

Kompetisi ini akan diselenggarakan di seluruh 10 negara Anggota ASEAN pada bulan Oktober, dengan pemenang kompetisi dalam negeri masing-masing memasuki final regional yang akan berlangsung di Jakarta, Indonesia pada bulan November tahun ini.

Bersama dengan SAP, ASEAN Foundation mengundang mahasiswa tingkat diploma di 10 negara anggota untuk mengambil bagian dalam prakarsa ini dan dalam transformasi sosial terkemuka di dalam kawasan ASEAN. Mahasiswa dapat mengetahui lebih banyak tentang kompetisi dan mendaftar secara online melalui situs resmi ASEAN DSE:www.aseandse.org. Portal pendaftaran dibuka sampai16 Juni 2017.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...