Antara Espresso, Latte atau Cappucino Mana Yang Lebih Sehat ?

Nadia Chevina
Kamis, 06 Agustus 2015 13:42 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Kamis, 06 Agustus 2015 13:42 WIB
Image Antara Espresso, Latte atau Cappucino Mana Yang Lebih Sehat ?

Bagi Anda pecinta kopi, pasalnya berbagai jenis kopi mengandung jumlah protein, kafein dan kalori yang berbeda.

Mari kita bahas satu per satu, seperti yang dilansir laman Liputan6 berikut ini:

1. Espresso

Secara tradisional, espresso disajikan hanya dengan satu sloki kopi hitam yang kuat tanpa susu. Menurut ahli gizi Catherine Collins dari Rumah Sakit London St George, satu sloki espresso mengandung sekitar 80-100mg kafein, tidak ada protein, dan sekitar lima kalori.

Tapi walaupun tidak sehat, minuman ini dapat memberikan dorongan kafein lebih kuat ketimbang jenis kopi lain.

2. Cappuccino

Cappuccino adalah espresso yang ditambah susu atau skim. Catherine memperkirakan ada sekitar 6 gram protein dari susu, natrium dan 150 kalori bila ditambah susu dan 95 kalori.

"Cappuccino mungkin tidak baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, tapi kandungan susu yang tinggi dapat menjadi sumber protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang."

3. Latte

Latte berisi sekitar 10 gram protein dari susu, 5 gram lemak - yang setara dengan satu sendok mentega dan sekitar 225 kalori ketika ditambah dengan susu dan 135 kalori ketika dibuat dengan susu skim.

4. Mocha

Mocha adalah espresso yang ditambah susu, sirup coklat dan whipped cream. Karena kandungan lemak yang tinggi, minuman ini berisi 310 kalori ketika dibuat dengan susu dan 230 kalori bila dibuat dengan susu skim. Dan 10 gram lemak dan 80mg kafein.

"Minum mocha setara dengan makan cokelat. Ya, kandungan lemaknya lebih tinggi dibandingkan dengan kopi lainnya karena mengandung krim (bukan susu) yang tidak memiliki protein."

5. Americano

Americano adalah espresso yang ditambah dengan krim. Minuman ini mengandung dua kali lipat kopi biasa atau sekitar 120 -160 gram kafein. Tanpa krim sebenarnya minuman ini hampir tidak ada kalori, tapi bila ditambah krim, Anda akan menambahkan 90 kalori.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Saat Peluk Aman Abdurrahman, Ipda Denny Dibisikin Hal Ini

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.