Skip to main content

Antara Stafsus Gubernur, Anak Magang dan Kawan Dekat Ahok

Antara Stafsus Gubernur, Anak Magang dan Kawan Dekat Ahok
Antara Stafsus Gubernur, Anak Magang dan Kawan Dekat Ahok

WinNetNews.com - Nama Sunny Tanuwidjaja belakangan santer disebut sejak kasus reklamasi di Jakarta Utara mencuat. Sunny disebut-sebut sebagai perantara yang menghubungkan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) dengan para pengusaha.

Belakangan Ahok telah membantah itu. Sunny, kata Ahok, sudah lama magang sejak dirinya masih menjadi anggota DPR yakni pada tahun 2010. Sunny menjadikan Ahok sebagai objek penelitiannya untuk disertasi doktoral di Universitas Northern Illinois Amerika Serikat. Rencananya ia akan mengikuti sepak terjang Ahok hingga tahun 2017 untuk mengetahui apakah mantan Bupati Belitung Timur itu terpilih kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta atau tidak.

Mengenai kedekatan Sunny dengan para pengusaha, Ahok membenarkan hal itu. Menurutnya, Sunny memang pernah bekerja di perusahaan milik bos Rajawali Group Peter Sondakh. Dia juga sepupu salah satu konglomerat di Indonesia.

"Si Sunny dekat sama Lippo. Dekat juga sama semua," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Ahok mengaku tak mempermasalahkan permintaan KPK untuk mencegah Sunny bepergian ke luar negeri. Ahok mendukung lembaga anti rasuah tersebut untuk menyelidiki kasus dugaan suap Raperda Reklamasi hingga tuntas.

Kini, Ditjen Imigrasi telah menerbitkan surat pencegahan bepergian ke luar negeri untuk Sunny, sesuai permintaan KPK. Sebab ia akan dimintai keterangannya terkait kasus dugaan suap Raperda Reklamasi yang melibatkan anggota DPRD DKI Jakarta M Sanusi dan Presdir Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja. Selain Sunny, Ditjen Imigrasi juga menerbitkan surat pencegahan ke luar negeri kepada Richard Halim Kusuma yang merupakan Dirut PT Agung Sedayu Group, sesuai permintaan KPK.

Sunny pernah aktif di Center for Strategic and International Studies (CSIS). Sunny juga pernah menjadi Direktur Eksekutif Center for Democracy and Transparency (CDT), sebuah lembaga riset yang pernah mendukung pasangan Ahok-Eko Cahyono di Pilkada Bangka-Belitung, meski akhirnya gagal.

Kedekatan Sunny dengan Ahok tak sebatas hubungan antara anak magang dengan bosnya. Sunny diajak Ahok saat bertemu dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Ketum NasDem Surya Paloh. Bahkan menurut Ahok, Megawati menduga Sunny-lah yang mempengaruhinya untuk maju Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen.

disadur dari situs detik news

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top