Skip to main content

Antara Waffle & Pancake

Antara Waffle  Pancake
Antara Waffle Pancake

Hmmmmmm.. Siapa yang tidak menyukai makanan manis ini ? Waffle dan pancake adalah dua hidangan ala Western yang cukup populer di Indonesia. Meski hampir serupa, tapi keduanya tak sama.

Adonan keduanya juga hampir mirip yakni merupakan campuran dari telur, butter, tepung, gula dan bahan lainnya. Proses pembuatannya juga hampir mirip. Pancake dimasak dengan wajan datar, namun waffle dibuat dengan wajan berbentuk.

Cita rasa dan tampilannya dihasilkan juga hampir mirip, yakni berwarna kuning keemasan dan rasanya manis dengan aroma harum vanili dan juga sedikit buttery.

Cara menyantapnya pun hampir mirip. Waffle dan pancake sama-sama nikmat disajikan sebagai dessert dengan tambahan es krim di atasnya.

Kendati demikian, yang membedakan antara waffle dan pancake itu adalah teksturnya. Waffle cenderung memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan pancake.

image0

Advisory Chef Fonterra Foodservices, Yus Adriana mengatakan Waffle lebih padat sebetulnya. Hampir serupa tapi tak sama dengan pancake.

Selain itu, tekstur waffle juga sedikit unik. Proses pembuatannya yang dicetak dengan wajan berbentuk membuat waffle memiliki tekstur renyah dibagian luar dan lembut dibagian dalam.

"Saat dimasak cetakkan waffle harus agak dalam. Itu yang bikin luarnya agak kering dan dalamnya lembut," tambah Chef Yus.

Kendati demikian, adonan inti dari waffle dan pancake juga ada perbedaan. Ini yang membuat adonan pancake, tidak akan jadi waffle sempurna jika dicetak dengan wajan khusus waffle.

Begitu juga sebaliknya. bila membuat adonan waffle dimasak dengan wajan datar seperti membuat pancake. Tekstur dan cita rasanya tentu akan sangat berbeda.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top