Antimainstream, Calon Guru Ini Ketahuan Mencontek dengan Cat Kuku
Foto: Oddity Central

Antimainstream, Calon Guru Ini Ketahuan Mencontek dengan Cat Kuku

Rabu, 2 Sep 2020 | 09:07 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Mencontek kerap kali dilakukan saat ujian, agar bisa lulus dan mendapatkan nilai yang baik. Biasanya, contekan dibuat di sebuah kertas yang berisi catatan kecil dan disimpan di tempat tertentu.

Namun cara yang berbeda dilakukan oleh 35 orang ini, yang sedang ikut tes masuk sekolah keguruan. Bukan di catatan kecil, mereka membuat contekan di kuku mereka dengan menggunakan cat kuku.

Dilansir dari Oddity Central, peristiwa ini terjadi di Negara Bagian Michoacan, Meksiko. Mereka dituduh menggunakan kunci jawaban, karena dari sekitar 50 pelamar mendapat nilai sempurna, tanpa ada kesalahan apapun.

Selain itu, 300 orang lainnya mendapatkan nilai 90 hingga 99. Tentunya, hal tersebut dianggap tidak wajar oleh pihak penyelenggara. Pasalnya, soal tes lain yang dikerjakan di kota lain, nilai tertinggi yang didapatkan hanya 71.

Para pelaku diketahui membeli jawaban seharga 25 ribu Peso atau Rp7,5 juta. Mereka menuliskan kunci jawaban di masing-masing kuku, dengan cat kuku dan membuatnya menjadi sebuah pola berwarna.

Lantaran kejadian ini, pihak berwenangb pun meminta untuk diadakan ujian ulang pada 21 Agustus lalu. Pada momen inilah, sekitar 35 orang di kota Morelia dan Artega tertangkap basah sedang menyontek.

Dalam video viral yang diunggah oleh akun Facebook The Primera Plana Michoacan, terlihat para calon guru ketahuan memiliki kuku yang dicat dengan motif seragam. Terdapat pola titik-titik dengan warna berbeda, mewakili jawaban untuk 100 soal pilihan ganda.

Meskipun sudah tertangkap basah menyontek, namun para calon guru ini tidak dilarang ikut ujian. Mereka hanya dipisahkan dari peserta lain dan diminta untuk memakai sarung tangan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...