Anwar dan Istri Jalani Rekonstruksi

Anwar dan Istri Jalani Rekonstruksi

Minggu, 17 Jul 2016 | 17:25 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Direktorat Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kaburnya Anwar alias Rizal di Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat. Dalam reka adegan tersebut turut dilibatkan istri Anwar Ade Ira Suryani.

Anwar dibawa oleh rombongan Polda Metro Jaya, dan tiba di Rutan Salemba pukul 15.10 WIB, Minggu (17/7/2016).

Rekontruksi diawali dengan kedatangan istri Anwar dan sang anak. Namun anak Anwar tidak dilibatkan langsung dalam rekontruksi ini, dan digantikan dengan boneka manekin.

Dalam reka adegan tersebut diawali dari kedatangan istri Anwar, Ade Irma Suryani untuk menjenguk suaminya yang ditahan di Rutan Salemba pada Rabu 6 Juli 2016 saat Lebaran hari pertama sekitar pukul 14.30 WIB.

Saat itu, seperti pengunjung lainnya, Ade mengisi buku tamu di pos pendaftaran jenguk. Setelah itu, dia masuk ke dalam rutan dan bertemu Anwar. Di situ Anwar mengatakan keinginannya untuk kabur. Alasannya, jika dia dipindahkan ke Nusakambangan, maka istrinya akan sulit untuk datang menjenguk.

Dalam reka adegan tersebut, Anwar mengatakan jika ia dioper ke Nusakambangan, ongkos menuju sana tidak cukup Rp 100ribu.

Bahkan Ade meminta Anwar untuk berpikir untuk mempertimbangkan kemauannya. Namun Anwar terus meyakinkan istrinya dan meminta dibawakan pakaian gamis, jilbab, kacamata dan lipstik agar bisa kabur dari Rutan Salemba. Dan Ade menyanggupi. Ade juga berjanji akan datang kembali pad Kamis, 7 Juli 2016.

Anwar alias Rizal kabur dari Rutan Salemba saat hari kedua Lebaran, Kamis 7 Juli 2016. Anwar kabur dengan menyamar sebagai wanita dan menggunakan gamis serta jilbab panjang pemberian istrinya.

Sekitar seminggu kemudian, polisi menciduk kembali Anwar di kawasan Jasinga, Bogor, Jawa Barat tanpa perlawanan. Sementara, Ade juga ditetapkan sebagai tersangka karena membantu suaminya melarikan diri. Karena ancaman hukumannya hanya dua tahun penjara, Ade tidak ditahan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...