Apa Aja Sih Pertanda Stres yang Bisa Bikin Rambut Rusak?
Foto: StyleCaster

Apa Aja Sih Pertanda Stres yang Bisa Bikin Rambut Rusak?

Jumat, 5 Mei 2017 | 11:09 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Stres tidak hanya mengganggu kesehatan tubuhmu, tetapi juga mengganggu keindahan rambutmu. Pertanda rambut mulai kusam juga karena beban pikiran yang kamu alami sat itu.

Sam Burnett, Creative Director dan Pemilik salon rambut pemenang penghargaan Hare & Bone, membagikan lima cara stres memengaruhi kesehatan rambutmu, dan juga apa yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya.

1. Kurang tidur

Kita tahu bahwa kekurangan tidur sangat buruk bagi kesehatan kita secara keseluruhan (sebenarnya memiliki efek yang sama dengan mabuk), tapi ini juga memengaruhi rambutmu. "Kurang tidur dan malam yang gelisah bisa menyebabkan masalah rambut dan kulit kepala." kata Sam. Tubuhmu membutuhkan cukup waktu sepanjang malam untuk menyegarkan dan memperbaiki. Tidur harus dilihat sebagai bahan paling vital dalam tahap pembaharuan kulit. '

2. Penyakit

Di bawah tekanan, kita tahu sistem kekebalan tubuh kita sedikit terganggu. "Ketika tubuh mengalami stres, misalnya saat kamu sakit, nutrisi yang dibutuhkan rambutmu sering dialihkan ke area lain di tubuh. Sebagai akibatnya, orang bisa mengalami rambut yang menipis, alopecia dan kulit kepala yang kering atau kencang.' katanya.

3. Trauma

Bukan lelucon bahwa ada hubungan antara stres dan rambut rusak. 'Trauma dan syok dari kejadian stres memiliki dampak besar pada kesehatan rambut dan kulit kepala', kata Sam. Karena gaya hidup yang penuh tekanan dan sifat dunia modern yang serba cepat, kita melihat adanya peningkatan pada rambut di bawah umur secara prematur di kalangan anak muda. '

4. Terlalu banyak bekerja

Meskipun pekerjaanmu yang penuh tekanan bisa membuat kamu hidup lebih lama, itu tidak banyak berguna untuk kesehatan rambutmu. Menurut Sam, 'merasa terlalu banyak bekerja, bisa menyebabkan rambut rontok dan kondisi tak sehat. Biasanya ini disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kelalaian terhadap kesehatanmu secara keseluruhan. '

5. Scalp-scratching

"Gejala stres yang umum adalah menarik dan menggaruk kulit kepala secara berulang, ini bisa karena kegelisahan atau kebosanan, sehingga menyebabkan kerusakan permanen pada folikel dan, dalam kasus yang ekstrim, rambut rontok prematur."

Jadi, apa yang bisa kita lakukan?

Kamu bisa menangkap tanda-tanda stres pada penampilan fisik kamu sebelum kerusakan sampai ke rambutmu. 'Awasi kulit dan kukumu,' saran Sam. "Ini adalah area pertama yang akan menunjukkan tanda-tanda stres sebelum kamu melihat kerusakan di rambut dan kulit kepala kamu. Carilah kondisi kulit seperti psoriasis dan dermatitis, serta kuku yang rapuh atau tipis.' katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...