Apa Arti Droplet dalam Penyebaran Covid-19? Ini Penjelasannya
Ilustrasi

Apa Arti Droplet dalam Penyebaran Covid-19? Ini Penjelasannya

Senin, 13 Jul 2020 | 19:06 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -   Dalam istilah penyebaran virus corona (Covid-19) kita mungkin sering mendengar istilah droplet. Namun, apa sebenarnya arti dari droplet yang disebut dapat mentransmisikan virus corona dari orang ke orang.

Secara pengertian droplet dapat diartikan sebagai cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, atau berbicara. Selain itu, droplet juga dapat tercipta lewat  prosedur medis yang menghasilkan aerosol.

Berdasarkan panduan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), penularan atau transmisi Covid-19 dapat terjadi melalui droplet, termasuk saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Penularan lewat droplet ini juga dapat terjadi ketika seseorang kontak fisik atau kurang dari 1 meter dengan yang telah positif terinfeksi.

Droplet biasanya berukuran 5-10 mikron

Droplet dari orang yang positif terinfeksi dapat jatuh ke tanah hingga benda-benda di sekitar. Salah satu cara untuk mencegah penularan lewat droplet adalah dengan rajin mencuci tangan serta membiasakan diri untuk tidak menyentuh wajah. 

Namun beberapa waktu terakhir beredar penelitian yang mengungkapkan istilah mikrodroplet atau droplet yang berukuran lebih kecil dari ukuran biasa dan disebut dapat bertahan lama di udara.

"Partikel droplet bisa melayang cukup lama di udara sehingga memungkinkan siapapun yang nantinya berada di ruangan dan tidak menggunakan masker atau mengenakan masker tapi tidak tepat, akan sangat mudah tertular," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.

Penularan Covid-19 melalui udara terjadi melalui droplet sangat kecil yakni dengan ukuran kurang dari 5 mikron. Perbedaan yang paling besar antara penularan airborne dan droplet adalah airborne dapat menular pada jarak lebih dari 1 meter sementara droplet kurang dari 1 meter.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...