Apa Bahayanya Bahan Kimia <em>Sunscreen?</em>
ilustrasi

Apa Bahayanya Bahan Kimia <em>Sunscreen?</em>

Sabtu, 20 Jul 2019 | 08:16 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan sunburn. Kasus terburuknya, bahkan dapat memicu terjadinya kanker kulit. Itulah sebabnya, Anda perlu memakai sunscreen (tabir surya). Namun, studi baru-baru ini melaporkan jika bahan kimia pada sunscreen dapat masuk ke kulit dan mengalir dalam darah. Lantas, apakah ini berbahaya untuk kesehatan?

Studi: bahan kimia sunscreen dapat masuk ke darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of American Medical Association (JAMA) tahun 2019 menemukan fakta baru mengenai tabir surya. Beberapa bahan kimia dari losion tersebut diketahui dapat menyerap ke dalam kulit, di antaranya:

  • Avobenzone
  • Oxybenzon
  • Octocrylene
  • Ecamsule

Peneliti mengamati sampel data dari 24 orang dewasa yang diminta memakai sunscreen sebanyak 4 kali sehari selama 4 hari. Tabir surya yang digunakan tersedia dalam berbagai bentuk, lotion, krim, atau semprot.

Tujuannya, untuk mengetahui seberapa banyak bahan kimia sunscreen yang diserap kulit dan bagaimana bahan kimia tersebut dapat bergerak dalam aliran darah selama losion digunakan.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsentrasi bahan kimia meningkat dari hari pertama hingga hari keempat pemakaian tabir surya. Ada juga beberapa bahan kimia yang terus berada dalam darah, meski penggunaan tabir surya sudah dihentikan.

“Ya, semua tabir surya, dapat masuk dan menyerap ke dalam kulit pada tingkatan tertentu,” ujar Richard Tirbek, seorang ahli kulit di Advance Dermatology, seperti dikutip dari laman Health Line.

Ia kemudian menambahkan, “Bahan kimia penghalang sinar UV cenderung bersifat aditif, yang memungkinkan zat menyebar ke dalam kulit lebih mudah. Begitu juga dengan alkohol dalam bentuk losion atau semprotan aerosol akan mudah masuk ke dalam kulit jika digunakan pada kulit yang panas, berkeringat, atau sedang iritasi.”

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...