Apa Beda Power Nap dan Tidur Siang Biasa? Ini Penjelasannya
ilustrasi

Apa Beda Power Nap dan Tidur Siang Biasa? Ini Penjelasannya

Sabtu, 25 Jul 2020 | 17:55 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Rasa kantuk seringkali muncul di jam-jam kritis, seperti di delapan jam setelah bangun pagi. Banyaknya aktivitas yang perlu dijalani mungkin akan memaksa Anda untuk mengabaikan atau mengusir rasa kantuk tersebut dengan minum kopi. Sayangnya, rasa kantuk yang diabaikan justru bisa membuat Anda tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Karena itu, Anda perlu mencari cara untuk menghilangkan rasa kantuk dengan tidur siang berkualitas, juga disebut dengan istilah power nap.

Macam-macam tidur siang

Tidur siang terdiri dari bermacam-macam berdasarkan panjang waktu tidurnya, seperti :

  • Nano nap adalah tidur siang selama 2 sampai 5 menit. Hal ini bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki waktu tidur sangat terbatas karena banyaknya aktivitas yang perlu dijalankan di siang hari.
  • Mini nap adalah tidur siang selama 5 sampai 20 menit.
  • Power nap adalah tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Power nap adalah tidur siang dengan panjang waktu ideal yang bisa memberikan manfaat tidur siang secara optimal.
  • Lazy man’s nap adalah tidur siang selama lima puluh sampai sembilan puluh menit. Hal ini bisa dilakukan jika Anda memiliki banyak waktu luang untuk tidur. Sayangnya, tidur siang selama lebih dari 30 menit biasanya membuat Anda uring-uringan dan linglung karena Anda memaksakan diri untuk bangun dari tidur.

Perbedaan power nap dan tidur nyenyak biasa

Power nap adalah tidur siang yang dilakukan secara singkat, sekitar 20-30 menit. Tidur siang ini bisa membuat Anda kembali bugar dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas.

Power nap adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk di tengah aktivitas yang sedang Anda lakukan. Studi telah menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi Anda.

Power nap biasanya terjadi ketika proses tidur hanya masuk ke dua tahap pertama, yang biasanya berlangsung selama 20 sampai 30 menit. Sedangkan, tidur di malam hari merupakan proses tidur yang lengkap karena telah memasuki keseluruhan siklus tidur. Biasanya, orang dewasa membutuhkan waktu 90 sampai 120 menit untuk menyelesaikan siklus tidur secara penuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...