Apa Bedanya Vitamin dan Mineral?

Apa Bedanya Vitamin dan Mineral?

Kamis, 24 Agt 2017 | 15:21 | kontributor

winnetnews.com - Jika kamu mengenal nutrisi penting untuk tubuh seperti protein, karbohidrat, dan vitamin, kamu pasti juga akrab dengan yang namanya mineral.

Kata mineral sering kita dengar terutama pada produk minuman atau pun susu kemasan. Lantas apakah sebenarnya mineral itu dan apa yang membedakan vitamin dengan mineral?

Mineral adalah kelompok mikronutrien bagi tubuh. Artinya, zat gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk mendukung proses tumbuh dan kembangnya tubuhmu.

Lalu apa bedanya Vitamin dan Mineral?

Banyak yang menganggap bahwa vitamin sama dengan mineral. Padahal dalam struktur kimia kedua nutrisi ini memiliki bentuk yang berbeda sekali pun memiliki beberapa fungsi yang hampir sama. Beberapa perbedaan antara vitamin dan mineral antara lain:

Vitamin lebih mudah rusak daripada mineral

Mineral termasuk dalam unsur inorganik. Ini berarti mineral dapat mempertahankan bentuknya setelah masuk ke dalam tubuh. Jika vitamin bisa rusak akibat panas, asam atau pun proses lainnya, maka tidak dengan mineral yang memiliki struktur kuat dan tidak mudah rusak.

Vitamin akan berubah unsur saat masuk ke tubuh

Struktur vitamin akan berubah ketika masuk ke dalam tubuh. Tubuh tidak menyerap vitamin dalam bentuk awal, melainkan diserap dalam bentuk provitamin (vitamin yang belum aktif). Sedangkan mineral tidak dapat berubah menjadi unsur lainnya. Misalnya Fe (zat besi) dapat bergabung dengan unsur lain dalam bentuk senyawa garamnya, tetapi zat besi tidak akan berubah menjadi unsur lain.

Mineral diproses langsung

Saat masuk ke dalam tubuh, mineral akan menjalankan tugasnya membantu proses metabolisme tanpa melalui proses lainnya. Misalnya magnesium yang langsung diserap untuk relaksasi otot serta jaringan syaraf. Zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Kalsium untuk menutrisi tulang dan gigi serta masih banyak mineral penting lainnya bagi kesehatan.

Vitamin lebih mudah larut

Proses penyerapan mineral juga berbeda dari vitamin terutama dari segi jumlah dan penanganannya dalam tubuh kita. Ini karena vitamin bisa larut dalam air dan lemak, sedangkan mineral tidak larut air dan lemak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...