Apa betul posisi tidur ke samping efektif bersihkan racun di otak?

Rike
Kamis, 04 Agustus 2016 18:05 WIB
Oleh Rike pada Kamis, 04 Agustus 2016 18:05 WIB
Image Apa betul posisi tidur ke samping efektif bersihkan racun di otak?

WinNetNews.com - Berdasarkan temuan dari hasil scan menunjukkan, bahwa pembuangan racun di otak paling efektif terjadi sewaktu kita berada dalam posisi tidur menyamping dibanding tidur tengkurap atau telentang.

Sebuah penelitian terbaru menemukan posisi tidur pun penting untuk diperhatikan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience, posisi tidur menyamping atau miring lebih baik untuk kesehatan otak. Seperti diketahui, sewaktu tidur, otak bekerja keras untuk menghilangkan racun yang menumpuk selama kita beraktivitas. Peneliti kemudian melihat bagaimana sistem pembersihan otak atau yang dikenal sebagai sistem glimfatik itu memakai scan MRI pada tikus. Hasil scan menunjukkan, pembuangan racun di otak paling efektif terjadi sewaktu kita berada dalam posisi tidur menyamping dibanding tidur tengkurap atau telentang.

Peneliti dari Universitas Stony Brook mengatakan, otak melakukan proses detoksifikasi lebih baik ketika posisi tidur menyamping. Posisi tidur menyamping selama ini dilakukan secara alami oleh manusia atau hewan. Peneliti juga mengaitkannya dengan risiko penyakit di otak seperti Alzheimer. Peneliti melihat kemungkinan terjadinya risiko lebih rendah terkena Alzheimer, Parkinson, ataupun penyakit neurologis lainnya pada orang yang biasa tidur dengan posisi menyamping. Kembali pada proses pembuangan racun di otak tadi, bila terhambat makan bisa menumpuk di otak atau menjadi plak yang dapat menyebabkan Alzheimer dan parkinson.

Rekan peneliti, dokter Helene Benveniste menjelaskan, bahwa selama ini demensia juga dikaitkan dengan gangguan tidur, seperti sulit tidur. Gangguan tidur dapat mempercepat terjadinya hilang ingatan pada orang yang menderita demensia.“Temuan kami menunjukkan bahwa posisi tidur juga penting,” terang ketua penelitian dokter Maiken Nedergaard. Berbeda dengan bagian tubuh lain, tambah peneliti, otak memiliki metode tersendiri untuk membuang racun. 


Waspadai Bumbu Masakan Ini
Rizal Ramli Klaim PT PLN Merugi Karena Jokowi Tidak Mendengarkan Nasihatnya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.