Apa Dampak Makanan Panas Bagi Penderita Diabetes?
istimewa

Apa Dampak Makanan Panas Bagi Penderita Diabetes?

Senin, 13 Jan 2020 | 15:06 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes harus menjaga pola makannya demi menjaga kadar gula darah tetap seimbang dan menurunkan risiko terkena komplikasi. Hanya saja, apakah benar jika mereka juga tak boleh mengonsumsi makanan yang panas? Berikut adalah fakta terkait dengan hal ini.

Dampak Makanan Panas bagi Penderita Diabetes

Biasanya, penderita diabetes diminta untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan manis atau makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Jika sampai mereka mengonsumsinya, dikhawatirkan bisa memicu peningkatan kadar gula darah yang bisa membahayakan kondisinya. Hal ini disebabkan oleh indeks glikemik dari makanan-makanan tersebut yang cenderung tinggi.

Sebagai informasi, indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat makanan atau minuman bisa membuat kadar gula darah naik. Semakin tinggi indeks glikemik, semakin cepat kadar gula darah bisa naik. Sebaliknya, semakin rendah indeks glikemik, semakin rendah pula kemungkinan kadar gula darah bisa naik.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi indeks glikemik. Salah satunya adalah suhu dari makanan. Makanan dengan suhu yang lebih panas ternyata cenderung memiliki indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan dengan makanan yang berada dalam kondisi dingin.

Sebagai contoh, nasi yang merupakan makanan pokok sehari-hari dari sebagian besar masyarakat Indonesia sebenarnya dikenal memiliki indeks glikemik yang tinggi. Hanya saja, jika kita mengonsumsinya saat baru saja matang atau saat masih dalam kondisi panas, maka nilai indeks glikemiknya bisa saja lebih tinggi. Bagi penderita diabetes, hal ini tentu bisa membahayakan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi nasi dingin atau bahkan nasi yang dimasak kemarin namun masih dalam kondisi baik karena biasanya memiliki indeks glikemik lebih rendah. Mengonsumsinya tentu tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah dengan signifikan.

Beberapa jenis sayuran yang biasanya identik sebagai makanan sehat ternyata juga bisa mengalami peningkatan indeks glikemik jika dipanaskan, lho. Sebagai contoh, wortel yang saat dalam kondisi mentah memiliki indeks glikemik 20 mengalami kenaikan hingga ke angka 50 setelah direbus. Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang lebih lunak dan lebih mudah dicerna saluran pencernaan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...