Apa Dampak Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat?

Rusmanto
Rusmanto

Apa Dampak Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat? ilustrasi
Winnetnews.com -  Kopi masih menjadi minuman yang digemari oleh banyak orang. Hanya saja, khusus bagi penderita masalah asam urat, mereka ragu untuk minum kopi karena menganggapnya bisa memperburuk kondisi asam urat yang diderita. Sebenarnya, kopi bisa memberikan manfaat atau justru berbahaya bagi penderita asam urat?

Dampak Minum Kopi bagi Risiko Asam Urat

Pakar kesehatan menyebut konsumsi kopi dengan jumlah yang tepat secara rutin bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan diabetes tipe 2. Beberapa penelitian lainnya juga menghasilkan fakta bahwa kopi bisa memperbaiki kondisi persendian.

Penelitian yang dilakukan pada 2007 dilakukan untuk mengetahui kaitan konsumsi kopi dengan risiko terkena asam urat pada sekitar 46 ribu pria. 

Hasil dari penelitian ini adalah, jika konsumsi dilakukan empat atau lima cangkir setiap hari, maka risiko terkena asam urat bisa lebih rendah 40 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengonsumsinya.

Kopi decaf yang tidak memiliki kafein juga bisa menurunkan risiko terkena asam urat. Hanya saja, khusus untk teh, dampaknya tidak begitu besar.

“Ada teori yang menyebut komponen di dalam kopi, tepatnya asam klorogenik yang termasuk dalam sejenis antioksidan bisa menurunkan risiko terkena penyakit asam urat,” ucap Elinor Mody, MD yang berasal dari Women’s Orthopedic and Joint Disease Program at Brigham and Women’s Hospital, Boston, Amerika Serikat.

Asam klorogenik dan antioksidan lainnya bisa menurunkan kadar hormon insulin di dalam darah. Kadar insulin dan asam urat memiliki kaitan yang erat. 

Jika kadar insulin terlalu rendah, maka kadar asam urat biasanya juga akan ikut rendah. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

Apa Reaksi Kamu?