Apa Efek Kalau Kelebihan Garam?
Foto: Istimewa

Apa Efek Kalau Kelebihan Garam?

Minggu, 16 Apr 2017 | 13:26 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Apakah kamu tahu apa yang terjadi pada tubuhmu jika mengkonsumsi kelebihan garam? Hal ini dapat membahayakan kesehatanmu loh!

Asupan garam harian yang direkomendasikan hanya 2300 miligram (mg) per hari untuk orang dewasa. Namun dalam rata-rata, kita semua mengambil lebih dari batas ini setiap hari.

Penting untuk menyadari bahwa garam hanya akan memuaskan selera kamu, bukan kebutuhan tubuh kamu. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan garam yang berlebihan selalu dikaitkan dengan banyak penyakit, terutama tekanan darah tinggi.

Faktanya adalah bahwa efek dari kelebihan asupan garam tidak akan muncul secara tiba-tiba. Ini adalah sesuatu seperti "membunuh secara diam-diam" yang bertindak sangat lambat. Efek samping utama dari asupan garam yang tinggi adalah karena kandungan natrium yang tinggi.

Kondisi di mana natrium meningkat dalam darah disebut hipernatremia. Ada pilihan seperti garam natrium yang rendah untuk orang-orang yang benar-benar prihatin dengan asupan terlalu banyak natrium.

Jumlah garam yang sedikit penting untuk fungsi tubuh yang normal. Tapi, selalu ingat bahwa jumlah garam yang cukup adalah kuncinya. Lain kali, sebelum meletakkan garam di piringmu, pikirkan efek samping yang harus kamu hadapi jika jumlahnya berlebihn.

Menurut sebuah penelitian, asupan garam yang tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Jika kamu tidak memiliki cukup air dalam tubuhmu, kamu akan mengalami dehidrasi, karena kelebihan air bisa menarik garam keluar dari sel untuk menyeimbangkan asupan natrium berlebih. Ini akan berefek seperti haus, mual, pusing, kram perut, muntah dan diare.

Kelebihan garam dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan perut. Hal ini meningkatkan kemungkinan infeksi Helikobaktor pylori. Hal ini biasanya terjadi ketika tubuhmu terkena garam terus-menerus. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan tumor.

Karena jumlah natrium meningkat, hilangnya kalsium dari tubuh ikut meningkat. Hal ini akan menyebabkan penyakit penipisan tulang yang dikenal sebagai osteoporosis. Pada wanita menopause, ini adalah salah satu efek kesehatan yang serius dari asupan garam berlebih.

Ketika ada kelebihan garam, ini akan mengurangi fungsi ginjal dan menghilangkan sedikit air, sehingga tekanan darah bisa lebih tinggi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...