(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Apa Keuntungan Mengajak Anjing Peliharaan Berjalan-jalan?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Apa Keuntungan Mengajak Anjing Peliharaan Berjalan-jalan? Foto: Pexels

WinNetNews.com - Memiliki seekor anjing dan sering berjalan dengan anjing peliharaanmu memiliki manfaat kesehatan yang telah terbukti. Tapi itu semua bukan hanya manfaat kesehatan, tetapi kedekatanmu dengan hewan peliharaanmu.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Environmental Research and Public Health, pemilik anjing termotivasi untuk menuntun hewan peliharaan mereka karena membuat mereka bahagia, bukan karena alasan kesehatan atau sosial. 

Studi ini menganalisis wawancara dan refleksi tertulis pribadi dari 26 orang tentang mengapa mereka berjalan bersama anjing mereka. Sementara banyak pemilik mengatakan mereka melakukannya untuk memberi keuntungan pada anjing mereka, para periset mengatakan pentingnya kebahagiaan pemilik dan kesejahteraan juga jelas.

Tapi kebahagiaan itu tergantung pada pemiliknya yang percaya bahwa anjing itu sedang menikmati jalannya, kata para peneliti di koran mereka.

Motivasi kurang berjalan ketika pemilik memiliki alasan yang meragukan, seperti ketika mereka merasa anjing mereka berperilaku tidak baik, "malas," atau "terlalu tua" untuk berjalan teratur.

Studi ini terutama menunjukkan bahwa pemilik anjing terus melakukan apa yang mereka lakukan, karena mereka masih dapat mengumpulkan manfaat kesehatan dari berjalan bersama anjing meskipun itu bukan tujuan utama.

"Berjalan bersama anjing bisa sangat penting bagi kesehatan mental kita, dan tidak ada kegembiraan seperti melihat anjingmu bersenang-senang," katanya. 

Dia menyarankan agar berjalan bersama anjing mungkin lebih bermanfaat bagi pemilik jika mereka ingin meninggalkan ponsel dan kekhawatiran di rumah dan mencoba untuk fokus mengamati anjing dan menghargai lingkungan sekitar kita.

Westgarth juga merekomendasikan untuk mencoba rute berjalan baru atau yang lebih lama, atau menemukan cara yang baru untuk menjadi aktif dengan anjingmu, seperti bermain atau menyembunyikan barang, agar anjingmu bisa mencari. 

Rutinitas ini bisa menghasilkan keajaiban, karena manusia dan anjing bisa sama-sama mencintai.

"Anjing kalian akan berterima kasih untuk itu dan kalian mungkin benar-benar menikmatinya lebih dari yang kalian pikirkan." katanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});