Apa Saja Bahan Baku Helm?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Apa Saja Bahan Baku Helm?

 

Wingamers.com - Apa saja bahan baku helm?? Bukan sembarangan plastik atau karet, namun bahan baku helm harus memiliki kualitas dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia). Jadi jangan menggunakan helm sepeda untuk sepeda motor atau topi proyek. Peruntukkannya saja beda.

Standar Helm dalam SNI 1811:2007 dan amandemennya SNI 1811:2007/Amd:2010 terdiri dari helm standar terbuka (open face) dan helm standar tertutup (full face). Sesuai dengan Standar Nasinal Indonesia, bahan komponen helm yang digunakan harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditetapkan. Tujuannya jelas, agar pengguna bisa terlindungi dan merasa nyaman untuk menggunakannya.

Bahan helm harus memenuhi ketentuan dan syarat mutu yang sudah ditetapkan Badan Standardisasi Indonesia (BSN) dalam SNI 1811:2007.

a. Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat celsius sampai 55 derajat celcius selama paling sedikit 4 jam dan tidak terpengaruh oleh radiasi ultra violet, serta harus tahan dari akibat pengaruh bensin, minyak, sabun, air, deterjen dan pembersih lainnya.

b. Bahan pelengkap helm harus tahan lapuk, tahan air dan tidak dapat terpengaruh oleh perubahan suhu.

c. Bahan-bahan yang bersentuhan dengan tubuh tidak boleh terbuat dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau penyakit pada kulit, dan tidak mengurangi kekuatan terhadap benturan maupun perubahan fisik sebagai akibat dari bersentuhan langsung dengan keringat, minyak dan lemak si pemakai.

Memang helm ber SNI lebih mahal daripada helm biasa yang hanya mengandalkan desain saja. Namun untuk urusan keamanan jangan berkompromi. SNI dibuat sebab memang itu standar yang harus dicapai agar berkualitas.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});