Apa Saja Bahaya Tato?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Apa Saja Bahaya Tato?

WinNetNews.com - Tato memang pilihan personal. Namun tato bisa berbahaya juga. Apa saja bahaya tato? Menurut dr. Marie Leger, ahli penyakit kulit di New York University Langone Medical Center, mengatakan bahwa tato memiliki beberapa risiko kesehatan.

Infeksi

Jika peralatan tak bersih maka bisa menyebabkan infeksi. Di tahun 2012, terdapat wabah infeksi kulit di bagian utara New York.

Setelah diselidiki, ternyata sumber infeksi berasal dari tinta tato yang telah terkontaminasi bakteri bernama mycobacteria. Bakteri tersebut menimbulkan ruam menyakitkan yang bertahan selama beberapa bulan. Mycobacteria juga dikenal sebagai penyebab tuberkulosis dan lepra.

Luka bakar karena MRI

Orang-orang bertato mungkin akan bermasalah ketika mereka harus melakukan MRI (magnetic resonance imaging). Contohnya terjadi pada salah satu pemain football professional yang tatonya “terbakar” ketika ia melakukan MRI. Berdasarkan laporan kejadian tersebut, luka bakar itu berasal dari arus listrik yang terbentuk dari besi di tinta tato. Pasien dengan banyak tinta hitam pada tatonya akan mengalami kesulitan MRI karena tinta tersebut mengandung oksida besi.

Alergi

Orang bisa alergi terhadap tato. Faktanya, pasien yang tidak memiliki alergi pada tato pertamanya, bisa saja alergi pada tato kedua atau ketiganya. Alergi tato sangat sulit untuk dirawat. Suntikan steroid kadang dapat membantu, tapi dalam kasus yang lebih ekstrim, area kulit yang bertato harus dibedah.

Menutupi masalah kesehatan

Tato bisa membuat keanehan di kulit yang menjadi pertanda penyakit tidak diketahui. Ini berbahaya sebab penyakit sebaiknya diketahui dari awal.

Seperti dilansir livescience, itulah bahaya tato.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});