Apa Saja Rencana Kebijakan Paket Ekonomi II

Apa Saja Rencana Kebijakan Paket Ekonomi II

 

Wingamers.com - Apa saja rencana kebijakan paket ekonomi II? Seperti dilansir Kontan, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kebijakan paket ekonomi II untuk merangsang perlambatan ekonomi. Rencana kebijakan II ini memiliki tiga rencana utama.

Menarik devisa hasil ekspor ke bank dalam negeri adalah salah satunya. Pemerintah bersama Otoritas Moneter (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menarik devisa hasil ekspor dengan cara mengurangi pajak atas bunga deposito bagi eksportir. Jika eksportir menyimpan dananya di bank di Indonesia, pajak atas bunga deposito yang saat ini 20% akan diturunakn menjadi 10% sampai 5%.

Hal lain adalah memperbaiki daya beli masyarakat dengan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak namun hal ini masih dibahas kementrian terkait. Bank Indonesia juga melonggarkan transaksi forward dari sebelumnya US$ 1 juta per transaksi dengan underlying menjadi US$ 5 juta agar permintaan dolar AS di dalam negeri berkurang sehingga tekanan pada rupiah menurun. Bank Indonesia juga menyediakan tenor lindung nilai atas utang valas menjadi satu tahun, dari saat ini tiga dan enam bulan.