Apa Saja Sih? Penyebab Cat Sepeda Motor Tampak Kusam

Apa Saja Sih? Penyebab Cat Sepeda Motor Tampak Kusam

Anda harus tahu penyebab agar sepeda motor kesayangan tidak makin kusam. Jika tahu penyebabnya, Anda pun dapat menghindari sehingga tunggangan selalu terlihat baru dan bersih.

Tidak hanya terlihat dekil, sepeda motor pun menjadi tampak kusam. Namun demikian, penampilan sepeda motor yang kusam tidak melulu akibat malas dirawat saja tetapi juga akibat banyak faktor lain.

Pemilik sepeda motor pasti ingin tunggangannya selalu tampak bersih dan kinclong. Sayangnya, tidak semua pemilik secara rutin merawat sepeda motornya.

Apa saja penyebab cat sepeda motor kusam?

1. Parkir di lapangan terbuka

Tidak semua pelataran parkir memiliki atap tertutup, banyak juga di antaranya yang hanya lapangan terbuka. Kondisi ini jika dibiarkan bakal merusak cat sepeda motor.

Paparan debu dan panas terik sinar matahari jika terus menerus dibiarkan bakal merusak lapisan pelindung cat. Akibatnya, warna tunggangan kesayangan pun jadi kusam.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih posisi parkir yang teduh atau tidak banyak terkena sinar matahari.

2. Jarang dicuci

Sama seperti manusia, sepeda motor yang jarang dimandikan lama kelamaan pasti akan dekil dan kotoran yang menempel membuat cat jadi kusam. Oleh karena itu, siapkan waktu rutin mencuci sepeda motor di sela-sela kesibukan Anda.

3. Air hujan

Air hujan yang menyejukkan rupanya membawa akibat buruk bagi tunggangan kesayangan. Polusi udara yang banyak terjadi di kota-kota besar membuat air hujan menjadi makin asam.

Akibatnya, cat sepeda motor pun bisa rusak jika terus menerus diguyur hujan. Selain itu, kadar asam yang tinggi berpotensi menimbulkan karat pada komponen logam sepeda motor.

Jika musim hujan tiba dan Anda terpaksa menerabasnya, maka usahakan untuk segera membilas sisa-sisa air hujan dengan air bersih. Hal ini bertujuan agar lapisan pelindung cat tetap terjaga dan juga tidak muncul karat pada sepeda motor

4. Minyak rem

Anda harus waspada dengan cairan yang satu ini. Minyak rem memiliki sifat yang sanggup merusak cat.

Saat akan mengganti atau menambah minyak rem, usahakan agar tidak tumpah atau menetes ke bodi. Bila minyak rem menetes, maka segeralah dibilas agar tidak menimbulkan bercak.

5. Poles bodi

Tujuan poles bodi pasti ingin menjadikan tunggangan kesayangan tampil mengkilap. Namun jangan salah, memoles bodi bisa membuat cat kusam.

Hal ini terjadi jika menggunakan poles bodi yang abal-abal. Zat kimia yang terkandung dalam poles bodi tersebut lama kelamaan malah merusak cat.

Jika ingin memoles bodi, usahakan memakai poles yang kualitasnya bagus dan terpercaya. Cat motor pun akan tetap terjaga dan tampilan motor jadi makin klimis.