(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Apa Sih Kaitannya Ketupat dan Opor Ayam dengan Lebaran?

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Apa Sih Kaitannya Ketupat dan Opor Ayam dengan Lebaran? Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Pasti sering deh kamu lihat penjual ketupat berjejer rapi dipinggir jalan. Dan kamu akan melihat pemandangan ini hanya setahun sekali, yaitu saat bulan Ramadhan atau lebaran.

Selain itu, banyak juga ibu-ibu yang rebutan ayam dan santan hanya untuk membuat opor ayam saat lebaran.

Kenapa sih ketupat dan opor ayam identik dengan lebaran? Ternyata keduanya punya asal-usulnya loh!

Ketupat yang berbentuk persegidiartikan masyarakat Jawa sebagai perwujudan kiblat papat limo pancer. Ada yang memaknai kiblat papat limo pancer ini sebagai keseimbangan alam: 4 arah mata angin utama, yaitu timur, selatan, barat, dan utara. Akan tetapi semua arah ini bertumpu pada satu pusat (kiblat).

Bila salah satunya hilang, keseimbangan alam akan hilang. Begitu pula hendaknya manusia, dalam kehidupannya, ke arah manapun dia pergi, hendaknya jangan pernah melupakan pancer (tujuan): Tuhan yang Maha Esa.

Sedangkan untuk opor ayam punya filosofinya tersendiri. Opor ayam yang berbahan dasar santan atau santen, ternyata punya arti tersendiri bagi masyarakat Jawa. Santen santan atau santen diartikan“pangapunten” atau memaafkan. Jadi kurang lebih makna dari ketupat dan opor adalah, jika mengakui kesalahan maka maafkanlah.

Nah, jadi itulah filosofi mengapa lebaran identik dengan ketupat dan opor ayam. Sudah jelas bukan?

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});