Skip to main content

Apa yang bikin Orang Tertarik Padamu Selain Penampilan?

Foto: Pexels
Foto: Pexels

WinNetNews.com - Selain penampilan yang bagus, apa lagi yang bikin orang tertarik padamu? Suara dan bau badanmu juga penting dalam menentukan daya tarik.

Menurut sebuah makalah review kecil yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology. Penulis penelitian tersebut mengkaji 73 studi tentang daya tarik, yang diterbitkan antara tahun 1977 dan tahun ini, untuk memeriksa pentingnya sinyal visual, pendengaran dan penciuman relatif, kata Agata Groyecka, peneliti di Universitas Wroclaw di Polandia, yang memimpin penelitian tersebut.

Para periset menemukan bahwa persepsi daya tarik memang multimodal, artinya tidak bergantung hanya pada satu faktor, seperti penampilan fisik, namun beberapa faktorlain ikut berperan, termasuk bau badan dan suara.

"Beberapa bau tidak hanya dinilai lebih menyenangkan tapi juga lebih seksi, dan karena itu, aroma cenderung membuat orang bersemangat untuk menggoda atau berkencan. Demikian pula, bau tak sedap bisa membuat tertarik untuk terlibat dalam suatu hubungan," kata Groyecka.

Sedangkan untuk suara, para peneliti menulis di koran bahwa isyarat vokal membantu orang lain membuat penilaian tentang jenis kelamin orang lain, umur, dominasi, kooperatifitas, keadaan emosional, kekuatan fisik dan kemungkinan kesuburan.

"Ketika mencium, bau badanmu dapat mempengaruhi seberapa menarik dirimu terhadap seseorang, terutama karena mengandung petunjuk kesehatanmu," kata Gordon Gallup, seorang psikolog evolusioner di Universitas Albany di New York.

Pada tingkat biologis, Gallup mengatakan, isyarat penciuman mungkin yang paling penting untuk daya tarik, namun diperlukan lebih banyak penelitian.

Laura Germine, seorang neuroscientist sosial di Harvard Medical School yang tidak terlibat dalam makalah tinjauan baru, mengatakan bahwa semua indra kita menggabungkan kerja sama untuk membantu kita mengukur daya tarik orang lain.

"Informasi sensorik semacam itu bisa membimbing Anda untuk memberi kesan pertama tentang seseorang hanya dalam hitungan milidetik," kata Germine.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top