Apa Yang Diinginkan Rusia Di Suriah?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Apa Yang Diinginkan Rusia Di Suriah?

Wingamers.com - Apa yang diinginkan Rusia di Suriah? Seperti dilansir The Guardian, Rusia tak hanya ingin menonjolkan diri sendiri namun mencoba mempertahankan sekutunya, Bashar al-Assad.

Namun barat punya kecemasan sendiri sebab ini adalah operasi militer pertama Rusia pasca keruntuhan Soviet di luar negerinya sendiri. Salah satu ketakutan adalah ini akan membuat banyak musuh Assad malah semakin radikal. Namun sepertinya Putin tidak ambil pusing dengan reaksi dalam negeri sebab media lokal sudah dia kuasai. Menurut Sergei Karaganov, penasihat politik di Kremlin, Putin mencoba menampilkan kembali kejayaan pasca Soviet yang mana Rsuai akan dipandang sebagai kuat dan penyeimbang.

Membawa tentara ke Suriah membuat Obama harus memperhitungkan ulang diplomasi dan rencananya di timur tengah dan bagi Putin ini menguntungkannya dalam jangka pendek. Tapi banyak pengamat lain mempertanyakan rencana keluar bagi Rusia jika perang berlarut-larut. Kepala media Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan bahwa motif Putin sendiri adalah untuk melindungi markas tentara Rusia di Tartus, sisa markas zaman Soviet.

Pengamat lain menyimpulkan bahwa dengan masuknya Rusia, Putin bisa mengambil kesempatan mengajukan perjanjian damai versi yang disukai Assad dan Iran, sebuah versi perjanjian damai yang tentu saja bukan keinginan Amerika Serikat namun harus diperhitungkan.

Di Rusia sendiri warganya tidak peduli bahwa tentara Rusia memerangi siapa di Suriah. Ini karena Putin juga populer di kampung halamannya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});