Apa yang Dimaksud dengan Sistem Rhesus dalam Golongan Darah?
ilustrasi

Apa yang Dimaksud dengan Sistem Rhesus dalam Golongan Darah?

Sabtu, 21 Nov 2020 | 07:28 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Golongan darah tidak hanya dapat dibedakan menjadi A, B, AB, atau O menurut sistem ABO, tetapi juga melalui sistem faktor Rhesus (Rh). Komponen ini diperiksa dalam cek golongan darah. Faktor Rh dilihat dari keberadaan protein bawaan pada sel darah merah Anda. Simak ulasan berikut ini untuk memahami sistem Rhesus (Rh) secara lebih rinci. 

Apa itu faktor Rhesus (Rh)?

image0

Faktor Rhesus (Rh) adalah jenis protein yang terdapat di luar sel darah merah. Protein ini diwariskan secara genetik atau diturunkan dari orangtua Anda. 

Seperti yang Anda tahu, setiap manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda, yaitu A, B, O, atau AB. Setiap golongan darah tersebut kembali dibedakan berdasarkan kandungan protein Rhesus (Rh).

Berdasarkan faktor Rhesus (Rh), golongan darah dibedakan menjadi:

  • Jika mengandung faktor Rh, golongan darah Anda digolongkan sebagai Rhesus positif (Rh+), biasanya ditandai dengan simbol (+) di belakang golongan darah Anda (contoh: A+, B+, AB+, O+). 
  • Jika tidak mengandung protein Rh,  golongan darah Anda digolongkan sebagai rhesus negatif (Rh-), biasanya ditandai dengan simbol (-) di belakang golongan darah Anda (contoh: A-, B-, AB-, dan O-). 

Protein rhesus adalah sesuatu yang didapat dari faktor keturunan. Berikut beberapa faktor kemungkinan tentang golongan Rh Anda:

  • Jika ayah Anda memiliki Rh+ dan ibu Anda juga memiliki Rh+, Anda akan mendapat Rh+
  • Jika ayah Anda memiliki Rh+ dan ibu Anda memiliki Rh-, Anda akan mendapat dua kemungkinan. Bisa jadi Anda, seperti ayah Anda, memiliki Rh+, atau Anda, seperti ibu Anda, memiliki Rh-
  • Jika ayah Anda memiliki Rh- dan ibu Anda juga memiliki Rh-, Anda akan mendapat Rh-

Golongan darah apa pun dengan Rh positif bisa menerima transfusi darah dari tipe darah yang sama dengan Rh positif atau negatif. Sementara itu, mereka yang bergolongan darah Rhesus negatif hanya bisa mendapatkan donor darah dari tipe darah yang sama atau golongan darah O-. 

Golongan darah O– dapat menjadi donor bagi semua golongan darah. Itu sebabnya golongan darah ini disebut dengan donor universal. Tipe darah O- juga merupakan tipe darah universal yang dibutuhkan untuk transfusi darurat dan untuk bayi yang kekurangan kekebalan tubuh. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...