Apa yang Harus Dilakukan Bila Demam Anak Tidak Sembuh-sembuh?
ilustrasi

Apa yang Harus Dilakukan Bila Demam Anak Tidak Sembuh-sembuh?

Senin, 22 Feb 2021 | 08:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Demam adalah penyakit “langganan” anak-anak. Demam itu sendiri merupakan tanda bahwa anak sedang terserang infeksi tertentu atau mengalami peradangan dalam tubuh. Pada kebanyakan kasus, demam anak bisa mudah ditangani ketika penyebab aslinya diobati atau dengan minum obat penurun panas yang dijual bebas. Namun apabila demam anak tidak kunjung sembuh meski sudah minum obat, apa artinya ini? Apa yang harus ortu lakukan?

Demam anak tidak sembuh-sembuh, apa sebabnya?

Demam biasanya bisa pulih dengan sendirinya setelah 3-5 hari sembari diberikan obat demam. Namun, demam anak yang tidak kunjung sembuh (bahkan bisa berlangsung hingga 2-3 minggu berturut-turut) bisa jadi menandakan infeksi atau penyakit lain yang lebih serius.

Pada umumnya, demam berkepanjangan juga ditandai dengan suhu melebihi 38ºCelcius (pada bayi melebihi 37,5ºC), berkeringat deras, panas dingin (meriang), sakit kepala, nyeri tubuh atau sendi, kelemahan, sakit tenggorokan, kelelahan, batuk, ruam merah di kulit, dan hidung mampet.

Dikutip dari Healthline, penyebab demam anak yang berkepanjangan bisa meliputi gangguan sistem imun sehingga tubuh tidak mampu memerangi infeksi secara cepat dan efektif, kanker anak (leukimia paling umum menyebabkan demam berkepanjangan) dan efek samping kemoterapinya, hingga beberapa kondisi kesehatan seius lainnya seperti:

  • Emboli paru
  • Enterocolitis atau radang usus
  • Radang di dalam selaput lendir
  • Trombosis vena dalam
  • Septik tromboflebitis, peradangan yang memengaruhi pembuluh darah

Bila disebabkan oleh salah satu kondisi di atas, demam pada anak yang berkepanjangan juga seharusnya diikuti oleh gejala lain khas penyakit yang mendasarinya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...