Apa Yang Menentukan Ukuran Lubang Ozon?

Apa Yang Menentukan Ukuran Lubang Ozon?

WinNetNews.com - Apa yang menentukan ukuran lubang ozon? Tahun ini, suhu di Antartika sangat dingin dan pada musim seperti sekarang ini, udara hangat biasanya mulai berjalan keluar ke daerah itu, tetapi hal itu belum terjadi. Kondisi meteorologi juga ikut berperan.

Sejak tahun 1987, gas yang diketahui menyebabkan penipisan ozon telah dilarang dan tahun lalu, Organisasi Meteorologi Dunia melaporkan tanda-tanda positif pertama dari "pemulihan ozon".

Profesor David Karoly dari Universitas Melbourne mengatakan, fluktuasi hingga ukuran sebesar ini mungkin tak perlu dikhawatirkan dalam jangka panjang. Seperti dilansir Australia Plus, lubang ozon di belahan Bumi selatan tak akan sepenuhnya pulih dalam 40 sampai 60 tahun ke depan.

Ketika lubang ozon mulai terbentuk, udara yang menipis di ozon bisa diangkut ke bagian selatan Australia, yang dalam periode itu tentu saja bisa meningkatkan jumlah radiasi UV di permukaan bumi. Maka untuk penduduk bumi bagian selatan harus menggunakan krim tabir surya ketika beraktivitas di luar.