Apakah Dia Benar-benar Menyukai Anda?
ilustrasi

Apakah Dia Benar-benar Menyukai Anda?

Minggu, 21 Feb 2021 | 17:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Saat sedang jatuh cinta mungkin Anda akan merasa bahagia, bagaikan berbunga-bunga.  Terlebih saat Anda merasa sangat dicintai atau dipuja oleh seseorang yang juga Anda cintai. Namun, tunggu dulu, apakah hal tersebut memang sebuah fakta, hanya geer (gede rasa alias terlalu percaya diri) semata, atau justru sudah masuk ke dalam gangguan psikologis? Hati-hati, bisa jadi ini adalah tanda erotomania syndrome. Yuk, kenali lebih dalam gangguan psikologis ini.’

Apa itu erotomania syndorome?

Erotomania syndrome artinya adalah gangguan psikologis langka yang menyebabkan penderitanya percaya bahwa seseorang sangat mencintai dirinya, padahal nyatanya tidak. Penyakit mental yang langka ini juga punya sebutan lain, yakni De Clérambault syndrome.

Orang yang memiliki jenis gangguan ini biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Mayoritas penderita adalah kaum wanita yang penampilannya kurang menarik, suka menarik diri dari lingkungan dan menyendiri, serta jarang mengalami kontak seksual.

Kebalikan dari penderita, si pujaan hatinya tersebut, biasanya justru adalah orang yang memiliki kedudukan tinggi di masyarakat, misalnya selebriti, tokoh terkenal yang kaya raya, atau punya kedudukan sosial yang tinggi. Bahkan, parahnya mereka kadang juga percaya bahwa orang asing yang baru saja mereka temui jatuh cinta pada mereka.

Walaupun kebanyakan penderita adalah wanita, tidak terkecuali kaum pria juga dapat mengidap gangguan ini. Jika gangguan ini terjadi pada kaum pria, biasanya dapat muncul tindakan-tindakan yang lebih agresif, sampai pada tindak kekerasan.

Simpulannya, gangguan erotomania dapat menyebabkan delusi dan perilaku mania atau kondisi fisik dan mental yang sangat bersemangat, yang kadang menimbulkan perilaku tidak rasional.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...