Apakah Diet Telur Rebus Aman Dilakukan?
Foto: Unsplash/Tamanna Rumee

Apakah Diet Telur Rebus Aman Dilakukan?

Senin, 13 Sep 2021 | 17:12 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Diet telur rebus adalah jenis diet yang berfokus mengonsumsi telur, khususnya yang sudah direbus. Orang yang menjalani diet ini, umumnya makan dua hingga tiga telur rebus setiap harinya.

Salah satu selebriti dunia yang sempat menjalani diet ini, yakni Nicole Kidman. Dia diketahui hanya makan telur rebus selama syuting ‘Cold Mountain’.

Melansir Everyday Health, secara keseluruhan diet ini mengandung makanan sehat, tetapi ini bukan diet yang seimbang dan sehat. Diet telur rebus sangat ketat dan rendah kalori.

Lisa Young, PhD, penulis ‘Finally Full’ mengatakan, “Saya tidak berpikir Anda harus melakukan diet yang membutuhkan obsesi dengan satu makanan.”

American Heart Association mengatakan bahwa satu telur (atau dua putih telur) per hari dapat menjadi bagian dari diet sehat. Namun, kita juga perlu menggabungkannya dengan makanan lain.

“Telur membuat sarapan yang enak. Telur rebus adalah makanan ringan yang bergizi, tapi menurut saya mengonsumsi berbagai makanan adalah cara makan yang lebih sehat,” jelas Lisa Young.

Satu butir telur rebus memiliki 71 kalori, 6 gram protein, 5 gram lemak, 0,4 gram karbohidrat, dan 0 gram serat, menurut Departemen Pertanian AS (USDA). Selain itu, di dalam telur juga terdapat vitamin D dan kolin.

Kolin adalah nutrisi yang membantu menghasilkan neurotransimter yang mengatur memori dan suasana hati, di antara fungsi lainnya.

Lalu, apakah diet telur rebus sehat? “Ini hanya sesuatu untuk dicoba ketika Anda ingin melihat hasil dengan cepat dan Anda baik-baik saja dengan perasaan dibatasi untuk sementara waktu,” kata Amy Shapiro, RD, CDN, pendiri dan direktur Real Nutrition di New York City.

Shapiro memberi lampu hijau kepada para kliennya untuk makan dua telur per hari, tetapi saran tersebut juga perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan setiap orang. Bagi penderita diabetes atau faktor risiko penyakit jantung, lebih baik melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, untuk mengetahui seberapa banyak telur yang boleh dimakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...