Apakah Kamu Orang yang Sangat Sensitif? Ini yang Perlu Diketahui
Foto: Unsplash/Verne Ho

Apakah Kamu Orang yang Sangat Sensitif? Ini yang Perlu Diketahui

Sabtu, 9 Mei 2020 | 16:16 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Orang yang sangat sensitif (highly sensitive person) memiliki sifat yang disebut sensitivitas pemrosesan sensorik atau SPS. Sifat ini ditemukan dan didefinisikan oleh psikolog klinis Elaine Aron, PhD, yang pertama kali mulai mempelajari individu yang tampaknya lebih sensitif terhadap hal-hal tertentu di lingkungan mereka.

Seseorang yang memiliki tingak sensitifitas tinggi akan terganggu dengan suara yang keras atau sinar yang terang di sekitar mereka, menghindari acara TV atau film yang menayangkan adegan kekerasan, hingga menginginkan waktu sendiri saat sedang sibuk. Pada dasarnya, mereka mudah merasa kewalahan, terutama ketika terekspos ransangan intens.

Menjadi seseorang yang sangat sensitif bukan sesuatu yang buruk. Mereka sering memiliki minat di bidang seni ataupun musik. Selain itu, orang yang sensitif sering berempati karena mereka lebih sadar akan perasaan orang-orang di sekitarnya.

Dilansir dari Reader’s Digest, SPS masih belum banyak diketahui karena merupakan penemuan baru dan sebagian besar sering disalahpahami. Tetapi bukan berarti tidak umum. Diperkirakan 15 hingga 20 persen populasi adalah orang yang sangat sensitif.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...