Apakah Pemerintah Punya Rencana Untuk Krisis Energi

Apakah Pemerintah Punya Rencana Untuk Krisis Energi

Sabtu, 5 Des 2015 | 10:30 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Apakah pemerintah punya rencana untuk krisis energi? Seperti dilansir antaranews, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melayani berbagai pengujian efisiensi energi peralatan-peralatan baik untuk industri maupun rumah tangga.

Sebab dalam konferensi perubahan iklim dunia (COP) 21 dimunculkan komitmen inovasi hijau (green innovation) termasuk pengembangan dan pembangunan energi kelistrikan.

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan aspirasi pemerintah baru yang tertuang dalam Nawacita berupaya mendorong kemandirian ekonomi termasuk juga kemandirian energi.

Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) BPPT pun lanjutnya memiliki program untuk menyusun rekomendasi dan memberi masukan terkait teknologi apa saja yang harus dikembangkan dan diterapkan untuk mencapai target elastisitas energi tersebut.

"Ada lima fokus kegiatan guna mencapai tujuan tersebut yaitu riset mengenai baterai, kogenerasi, boiler ultra kritikal untuk pembangkit listrik, pengembangan dan penerapan sistem manajemen energi serta Wind Hybrid Power Generation," ucapnya.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Jumain Appe mengungkapkan saat ini elastisitas energi Indonesia masih di atas 1 persen per kapita. Menurutnya elastisitas energi di bawah 1 persen tergolong hemat.

Dalam Perpres No 5 Tahun 2006 menyebutkan kebijakan energi di tahun 2025 mencantumkan pemenuhan pembangkit listrik 49.000 megawatt (MW) dan lima tahun ke depan ditargetkan penyediaan 35.000 MW listrik.

"Dalam pemenuhan itu 35 persennya porsi batu bara dan jumlah batu bara yang dibutuhkan besar. Di sisi lain sumber energi ini polutif. Kalau kita ingin kembangkan harus buang kandungan polusi, sulfur bisa melalui pencairan batu bara," tuturnya.

Oleh karenanya ia berharap batu bara yang akan digunakan sudah mendapat sentuhan teknologi sehingga menjadi energi bersih.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...