Apakah Pertambahan Umur Bisa Mempengaruhi Berat Badan Seseorang?

Rusmanto
Rusmanto

Apakah Pertambahan Umur Bisa Mempengaruhi Berat Badan Seseorang? ilustrasi
Winnetnews.com - Seiring bertambahnya usia, tidak jarang orang mengalami kesulitan untuk menjaga berat badan mereka agar tetap ideal. Apakah hal ini memang ada hubungannya dengan usia? Bagaimana pertambahan umur bisa memengaruhi berat badan seseorang? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Benarkah umur dapat memengaruhi berat badan seseorang?

Semakin tua ternyata angka timbangan Anda semakin berubah, bisa naik atau bisa turun. Usia memang bisa menjadi penghalang seseorang untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri dari lemak, jaringan ikat seperti otot, tulang, dan air. Setelah menginjak usia 30 tahun, tubuh mulai kehilangan jaringan ikat, yaitu sel-sel pada otot. 

Selain itu, usia yang bertambah tua membuat kandungan mineral pada tulang manusia berkurang, sehingga tulang menjadi kurang padat. 

Di sisi lain, proses penuaan di dalam tubuh juga menurunkan lemak di bawah kulit, tetapi lemak perut (viseral) justru semakin meningkat. Padahal, lemak perut merupakan lemak yang tidak baik karena kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga kematian. 

Apa Reaksi Kamu?