Apakah Prebiotik Bisa Bantu Atasi Susah Tidur Karena Stres?
ilustrasi

Apakah Prebiotik Bisa Bantu Atasi Susah Tidur Karena Stres?

Jumat, 19 Jun 2020 | 11:14 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Seperti yang sudah banyak diketahui, stres membuat Anda jadi lebih susah tidur. Saat sedang stres, tubuh mengeluarkan hormon kortisol, adrenalin, dan noradrenalin yang membuat otot tubuh menegang dan sulit ditenangkan, sehingga membuat Anda terus terjaga. 

Untungnya, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung prebiotik mungkin dapat membantu Anda saat susah tidur karena stres.

Apa itu prebiotik?

image0

Prebiotik merupakan serat khusus yang bertindak seperti pupuk yang merangsang pertumbuhan bakteri sehat dalam usus. Prebiotik biasanya ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, terutama yang mengandung karbohidrat kompleks.

Nantinya, prebiotik yang tidak bisa dihancurkan oleh sistem pencernaan akan menjadi makanan bagi bakteri dan mikroba yang baik dalam tubuh. Bakteri ini akan mengubah prebiotik yang telah dimakannya menjadi nutrisi yang membuat mereka tumbuh.

Prebiotik memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kesehatan pencernaan. Prebiotik membantu meningkatkan jumlah organisme baik dalam usus besar yang dapat mencegah gastroenteritis atau peradangan.

Makanan yang kaya prebiotik dapat mengurangi gejala diare berdarah dan cedera mukosa yang biasanya dialami oleh para pasien dengan penyakit irritable bowel syndrome (IBS). Prebiotik juga bisa mencegah kanker dengan mengurangi pembentukan enzim genotoxic yang dapat memicu penyakit tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...