Apakah yang Dimaksud dengan Cherophobia? Berikut Penjelasannya
ilustrasi

Apakah yang Dimaksud dengan Cherophobia? Berikut Penjelasannya

Sabtu, 15 Feb 2020 | 07:29 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Banyak orang mungkin berusaha mengejar kebahagiaan dalam hidupnya, tapi mereka yang memiliki cherophobia justru menghindari perasaan tersebut. Cherophobia adalah sebutan bagi orang yang mengalami rasa takut berlebihan terhadap rasa bahagia. Jika dibiarkan, rasa takut ini lambat laun bisa menurunkan kualitas hidup pemiliknya.

Apa penyebab cherophobia?

image0

Cherophobia sebenarnya belum bisa didiagnosis secara pasti seperti halnya gangguan kejiwaan. Namun, para ahli menduga bahwa kondisi ini merupakan salah satu bentuk gangguan kecemasan alias anxiety disorder.

Rasa cemas sebenarnya bermanfaat bagi manusia untuk bertahan hidup. Akan tetapi, rasa cemas yang berlebihan juga akan memicu rasa takut berlebihan. Akibatnya, Anda merasa takut akan sesuatu yang sebenarnya bukan ancaman.

Pada kasus cherophobia, sumber rasa takut tersebut adalah rasa bahagia. Orang yang mengalami cherophobia percaya bahwa setiap kali sesuatu yang baik terjadi pada diri mereka, hal buruk pasti menyusul.

Mereka akhirnya menghindar dari berbagai kegiatan yang menimbulkan rasa bahagia, sekalipun kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi mereka. Dengan menghindari rasa bahagia, mereka berharap dapat mencegah hal buruk terjadi di kemudian hari.

Korban trauma, para introver, dan orang yang terlalu perfeksionis biasanya lebih rentan memiliki cherophobia. Walau demikian, hal ini tidak selalu terjadi. Anda bisa mengurangi risikonya dengan menjalani aktivitas sehari-hari dengan seimbang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...