Aplikasi Bikinan Facebook Rilis Fitur Baru Cegah Hoaks
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: MSN.com)

Aplikasi Bikinan Facebook Rilis Fitur Baru Cegah Hoaks

Selasa, 4 Agt 2020 | 17:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  WhatsApp kembali mempertegas aturan main di aplikasi pesan tersebut. Pengguna sekarang sudah dapat mencari pesan yang diteruskan kepadanya di internet dengan mudah. 

WhatsApp mengklaim bahwa fitur ini akan memberikan hasil cepat untuk menemukan berita dan berbagai sumber informasi lainnya. Nantinya, ketika sebuah pesan yang diteruskan diterima, WhatsApp akan memberi ikon tambahan di samping pesan itu. Ikon itu berbentuk kaca pembesar. 

Melansir Tek.id, Selasa (4/8), dengan mengakses ikon tersebut, pengguna akan diarahkan untuk mencari pesan serupa di internet. Selain TikTok, aplikasi asal China lainnya juga terancam diblokir. Uniknya, untuk tetap mempertahankan privasi, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengunggah teks tersebut ke browser.

WhatsApp mengklaim tidak akan ‘mengintip pesan’ yang diterima penggunanya itu. Dengan cara ini, enkripsi end-to-end tetap terjaga sembari pengguna akan tetap bisa mengunggah pesan yang ingin dicari kebenarannya. 

Ini bukan kali pertama bagi WhatsApp untuk membenahi aplikasi pesan tersebut. Sebelumnya anak perusahaan Facebook ini sudah menandai semua pesan terusan dengan pemberitahuan di atas pesan tersebut. 

Bahkan awal tahun ini, WhatsApp membatasi jumlah pesan yang dapat diteruskan. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat memverifikasi pesan yang mereka dapatkan secara mandiri melalui kata kunci di Google Search. 

Dilansir dari XDA Developers, Selasa (4/8), fitur ini belum akan diluncurkan secara global. Baru ada beberapa negara yang dipastikan akan menerimanya, yakni Brazil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat. Fitur ini akan tersedia di semua platform, baik Android, iOS hingga WhatsApp Web.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...