Aplikasi Petani, Kemudahan Memperoleh Informasi Tentang Seluk Beluk Pertanian

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Aplikasi Petani, Kemudahan Memperoleh Informasi Tentang Seluk Beluk Pertanian

WinNetNews.com - Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang seluk beluk pertanian, coba kamu gunakan aplikasi petani ini. Tidak hanya informasi tentang waktu panen saja, tetapi juga tentang bibit unggul. Sayangnya, saat ini pilot project aplikasi tersebut baru difokuskan di daerah Brebes, Jawa Tengah. Tak menutup kemungkinan, akan melebar ke daerah-daerah lain.

"Nah, ini pilot projectnya di Brebes. Jadi kita fokus di daerah Brebes dulu sehingga nantinya ibu bupati sana juga akan mengundang para petani dan pengembang aplikasi ini. Tujuannya agar para petani Brebes ini bisa melakukan produktivitasnya secara optimal. Tapi ini nanti bisa melembar ke mana saja, karena sifatnya kan aplikasi IT," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

Pemerintah melakukan ini untuk menyiasati kurangnya petani hingga 5 juta petani. Pemerintah sudah mempersiapkan beberapa program salah satunya program berbasis teknologi selular aplikasi.

Pemerintah berharap dengan adanya aplikasi ini, problematika di sector pertanian dapat diselesaikan. Pernyataan tersebut tidak dilontarkan begitu saja. Menurut studi di 26 negara di luar Eropa bahwa teknologi selular dapat meningkatkan pendapatan petani sebesar 11 persen.

 

Dilansir dari merdeka

Apa Reaksi Kamu?