Apresiasi Niat Revisi UU ITE, PKS: Kami Tunggu Satu Bulan
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. (Foto: ANTARA/Syaiful Hakim)

Apresiasi Niat Revisi UU ITE, PKS: Kami Tunggu Satu Bulan

Jumat, 19 Feb 2021 | 14:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera menindaklanjutti wacana revisi UU ITE

"Apresiasi niat revisi UU ITE. Kami tunggu satu bulan ini tindak lanjut niat baik ini," kata Mardani kepada wartawan, Kamis (18/2).

Ia mengingatkan terkait Pasal 27 dan Pasal 28 UU ITE yang dinilainya bersifat karet alias multitafsir di tengah masyarakat. Pasal tersebut juga menurut Mardani berpotensi  melemahkan demokrasi Indonesia karena membuat masyarakat takut untuk bersuara.

Lebih lanjut, Mardani memastikan siap mendukung segala upaya untuk menyehatkan demokrasi di Indonesia. "Tapi, kalau drama, apalagi gimmick, rakyat akan melihatnya," lanjut Mardani.

Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR sendiri sudah membuka pintu jika pemerintah ingin memasukkan revisi UU ITE ke dalam Prolegnas Prioritas 2021.

Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi mengungkapkan revisi UU ITE sebenarnya terdaftar di Prolegnas jangka menengah 2020-2024. Namun kata dia, revisi UU ITE bisa masuk ke daftar Prolegnas Prioritas 2021 jika disepakati oleh DPR, DPD, dan pemerintah.

Awiek menjelaskan bahwa revisi UU ITE dapat dimasukkan ke Prolegnas Prioritas 2021 melalui sejumlah jalur seperti yang diatur UU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP).

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...