April Nanti Kopi Indonesia Akan Ke Pameran Di Amerika Serikat

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

April Nanti Kopi Indonesia Akan Ke Pameran Di Amerika Serikat
 WinNetNews.com - Indonesia akan berpartisipasi dalam pameran kopi sedunia, Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016. Indonesia akan habis-habisan mempromosikan kopi Tanah Air ke dunia.

Dalam pameran yang akan berlangsung di Atlanta, Georgia, Amerika serikat pada 14-17 April 2016, paviliun Indonesia akan lebih mengedepankan konsep "Remarkable Indonesian Coffee-Home of World's Finest Coffee". Kopi terbaik dari seluruh daerah penghasil kopi dari Aceh hingga Papua akan diboyong ke Negeri Paman Sam itu.

Beberapa jenis kopi Indonesia yang akan ditampilkan di antaranya adalah kopi dari Papua, Flores, Bali, Sulawesi Toraja dan lain sebagainya. Namun, berbagai jenis kopi tersebut akan diseleksi lebih lanjut oleh pihak penyelenggara.

"Pameran SCAA adalah momen yang sangat baik untuk memantapkan branding kopi Indonesia, karena SCAA merupakan pameran kopi terbesar di Amerika, bahkan di dunia," tambah Nus.

Dalam pameran ini, Kemendag juga berkolaborasi dengan sejumlah asosiasi kopi di Indonesia seperti Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), dan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI), untuk mengirimkan masing-masing sampel speciality coffee khas Nusantara.

 

Kemudian sampel kopi yang dikirim itu akan diseleksi dan dipilih 20 terbaik yang mewakili kopi dari daerah yang punya Indikasi Geografis (IG) maupun kopi dari daerah non IG.

"Memenuhi standar speciality coffee itu bukan perkara mudah. Ada serangkaian tahap yang harus dinilai. Mulai dari penanaman biji kopi, ukuran, aroma, rasa, harga dan lain sebagainya," ungkap Nus.

Selain kopi, rupanya produk kopi lainnya juga akan dibawa dalam pameran tersebut. Seperti coffee snacks, coffee cup, coconut sugar, dan lain sebagainya.

"Kami melihat potensi pasar kopi di Amerika tak hanya pada biji kopi. Makanya kami akan bawa produk lainnya juga yang berkaitan dengan perkembangan gaya hidup masyarakat dalam konsumsi kopi," pungkasnya.

(seperti dilansir dari Okezone)

Apa Reaksi Kamu?