(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Arab Saudi Mulai Buka Bioskop Maret 2018

Cindy
Cindy

Arab Saudi Mulai Buka Bioskop Maret 2018 Foto:Youtube

WinNetNews.com-  Pemerintah Arab Saudi sudah mengizinkan bioskop beroperasi di negara yang dikenal negara konservatif tersebut. Pengumuman ini disambut antusias oleh para warga Arab Saudi.  Pengumuman ini diresmikan oleh Otoritas Arab Saudi pada Senin 11/12/2017 kemarin.  Ini akan menjadi yang pertama kalinya dalam kurun waktu lebih dari 35 tahun. Bioskop pertama diperkirakan akan mulai dibuka pada Maret 2018 mendatang. 

Pemerintah Saudi menyatakan, pertumbuhan industri hiburan akan menguntungkan perekonomian negara, yang sedang terpukul akibat turunnya harga minyak.

"Pembukaan bioskop akan bertindak sebagai katalis untuk pertumbuhan ekonomi dan diversifikasi," kata Menteri Budaya dan Informasi Awwad bin Saleh Alawwad.

Sejak awal tahun 1980-an, bioskop-bioskop dilarang di Saudi. Namun di bawah reformasi yang dipimpin Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman , pemerintah Saudi melonggarkan sejumlah batasan, juga berencana untuk mencabut larangan menyetir bagi kaum wanita tahun depan.

Sementara itu, ulama tertinggi dan kelompok konservatif di Arab masih berpendapat bioskop bisa melakukan korupsi moral. Mereka menyebut bioskop sebagai ancaman terhadap budaya serta agama, karenanya ditutup pada tahun 1980-an.  Diharapkan pada 2030 jumlah bioskop di Arab Saudi akan terus berkembang menjadi 300 bioskop di seluruh kerajaan Saudi.

Dr Omar Al-Jaser, seorang aktor dan direktur film mengatakan kabar itu sangat menggembirakan.  "Ini adalah kabar yang indah dan bertepatan dengan Visi Saudi 2030. Saya berharap Kementerian Informasi dan Budaya akan mendukung baik laki-laki atau pun perempuan untuk menjadi produser dan direktur film. Sehingga kita bisa membuat film kita sendiri," kata  Omar Al-Jaser. 

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});