(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Arab Saudi Terapkan Pajak Barang Mewah

Rusmanto
Rusmanto

Arab Saudi Terapkan Pajak Barang Mewah
WinNetNews.com - Pemerintah Arab Saudi punya program untuk mereformasi tatanan ekonominya. Target jangka panjang adalah tidak bergantung kepada penjualan minyak mentah.

Beberapa langkah akan dilakukan dalam program tersebut, mulai dari melepas sebagian saham Saudi Aramco (BUMN minyak terbesar milik Arab Saudi) hingga mengizinkan wanita bekerja.

Pemerintah setempat juga sedang mengkaji kemungkinan penerapan pajak barang mewah dan minuman ringan. Selama ini Arab Saudi tidak banyak menarik pajak kepada warganya.

Pangeran Mohammed bin Salman Al Saud, Wakil Perdana Menteri Arab Saudi, menyatakan pemerintah masih mengkaji penerapan pajak baru tersebut.

Selama ini warga Arab Saudi memang dimanjakan oleh pajak yang murah, bahkan ada pajak yang 0%. Pajak konsumsi salah satu yang 0%, termasuk di dalamnya untuk pembelian aneka jenis BBM.

Para warga Arab Saudi akan tetap menikmati pajak-pajak 0% ini, hanya saja ditambah oleh pajak barang mewah dan minuman ringan tadi.

Pemerintah Arab Saudi memang sering mengucurkan subsidi kepada warganya berkat anggaran yang selalu terpenuhi dari jualan minyak dunia.

Namun dalam dua tahun terakhir ini beberapa subsidi ada yang dicabut menyusul jatuhnya harga minyak dunia.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});