(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Armada Citilink Bertambah 8 Airbus Tahun Ini

Rusmanto
Rusmanto

Armada Citilink Bertambah 8 Airbus Tahun Ini
WinNetNews.com - PT Citilink Indonesia berencana mendatangkan 8 unit pesawat baru jenis Airbus 320. Pesawat baru akan didatangkan dari pabrik Airbus.

Dengan tambahan 8 pesawat, anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) itu akan mengoperasikan 44 unit Airbus 320 dan 5 unit Boeing 737 di 2016.

"Delapan pesawat baru kita datangkan dari pabrik," Kata Direktur Utama Citilink, Albert Burhan di Hotel Red Top, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Pesawat tersebut didatangkan dengan skema sewa (operating lease) . Untuk menyewa 8 pesawat baru itu, Citilink menyiapkan dana US$ 400 juta.

"Rencananya pesawat baru akan datang hampir setiap 2 bulan," Ujarnya.

Citilink memperoleh tambahan kapasitas frekuensi penerbangan dan daya angkut sampai 30% di 2016. Pesawat baru itu, lanjut Albert, akan mendukung ekspansi Citilink dalam menambah frekuensi di Jawa dan Sumatera serta ekspansi ke wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku.

Di tempat yang sama, Direktur Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Muhammad Alwi menyebut pihaknya telah memberi izin terkait rencana penambahan 8 unit A320 oleh Citilink. Alasannya, Citilink dinilai telah memenuhi prasyarat untuk penambahan kapasitas armada.

"Izin sudah keluar untuk tambah 8 pesawat. Memang pemberian izin nggak serta-merta diberi. Kita cek track record selama 24 bulan, kemudian kita lihat komposisi flight crew yakni personel 3 set crew seperti dalam 1 pesawat harus ada 3 pilot on command dan 3 FO," Kata Alwi.

disadur dari situs detik finance

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});