ARMY Boikot Lagu-lagu BTS di Album 'Proof' yang Dibuat Komposer Kontroversial Jung Bobby

Nisa Diniah

Dipublikasikan 10 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

ARMY Boikot Lagu-lagu BTS di Album 'Proof' yang Dibuat Komposer Kontroversial Jung Bobby
Foto: Twitter/bts_bighit

Winnetnews.com -  Comeback BTS semakin dekat. Jelang comeback dengan album baru pada 10 Juni 2022, BTS menghadapi reaksi besar setelah daftar lagu album baru mereka Proof, yang mencakup lagu Filter terungkap pada 10 Mei lalu.

Kontroversi disebabkan karena Jung Bobby, salah satu pencipta lagu Filter, diadili atas kasus pelecehan seksual dan pembuatan film ilegal. Oleh karena itu, Filter yang dianggap sebagai "karya tersembunyi" di kalangan fans dengan cepat menuai banyak protes dari fans dan netizen Korea.

Mayoritas fans mengatakan bahwa lagu yang digubah oleh seseorang yang diduga melakukan kejahatan seks tidak boleh dimasukkan dalam pengumuman album baru. Di media sosial, tagar #정바비_곡_불매 (Boikot Lagu Jung Bobby) sempat menjadi trending.

Itu adalah tagar yang dibuat oleh ARMY (fandom BTS) yang mengumumkan bahwa mereka tidak akan mendengarkan atau membeli lagu yang diproduksi oleh Jung Bobby. Selain Filter, Jung Bobby juga menggarap beberapa lagu BTS lainnya seperti Answer: Love Yourself, Home, Love Maze, dll.

Banyak fans yang mengungkapkan kekecewaan dan rasa tidak senang mereka dengan berkata, “Kami tidak ingin mendengarkan lagu-lagu ini di konser”, “fans grup junior sedang menonton kami”, dll. BTS juga ikut dikritik. Diungkapkan oleh HYBE bahwa member BTS memilih sendiri lagu-lagu dalam CD 2, yang berisi lagu Filter.

BTS telah menyampaikan pesan positif, seperti penentangan terhadap diskriminasi, kekerasan dan kejahatan, melalui musik dan konten mereka. Namun, setelah tuduhan Jung Bobby terungkap, member BTS masih memutuskan untuk memasukkan lagu Jung Bobby ke dalam album baru.

Faktanya, ada banyak waktu di mana K-Pop tidak bisa mengikuti isu-isu sosial dan menerima kritik pedas. Pada bulan November tahun lalu, Kim Dongwan Shinhwa harus meminta maaf setelah secara terbuka menunjukkan dukungan kepada mantan membet MC The Max, Lee Soo, yang dituduh membeli layanan seksual selama wamil.

Situs musik utama Korea Selatan, Melon, pernah dikecam karena merekomendasikan sebuah lagu milik Jung Joon Young, yang terlibat skandal Burning Sun. FNC Entertainment juga tidak mengeluarkan Lee Jonghyun dari grup ketika ia ketahua telah membagikan video ilegal tetapi hanya memutuskan kontraknya setelah kontroversi lain muncul.

Seorang kritikus budaya pop mengungkapkan, “Dapat dimengerti bahwa fans menentang keputusan untuk memasukkan lagu yang Jung Bobby berpartisipasi serta dalam pembuatannya di album. Masalahnya adalah bahwa industri musik, termasuk agensi, tidak menunjukkan rasa hormat terhadap oposisi semacam itu”.

Bahkan setelah kontroversi pecah, HYBE masih fokus mempromosikan album baru BTS tanpa membuat pernyataan khusus tentang masalah ini.

Kritikus itu menambahkan, “Jika perusahaan tidak mengungkapkan posisinya dengan benar atas tindakan yang berkaitan dengan pelanggaran hak asasi manusia, orang mungkin percaya bahwa mereka mendukung tindakan tersebut. Akibatnya, citra BTS juga akan rusak parah."

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...