AS Ambil SIkap Pasca Ledakan Nuklir Super Dahsyat Milik Korea Utara

AS Ambil SIkap Pasca Ledakan Nuklir Super Dahsyat Milik Korea Utara Foto: AFP

WinNetNews.com - Amerika Serikat memperingatkan pihaknya dapat meluncurkan respons militer besar-besaran terhadap ancaman dari Korea Utara setelah peledakan provokatif Pyongyang tentang apa yang diklaimnya merupakan bom hidrogen mini.

Komentar dari sekretaris pertahanan Jim Mattis terjadi setelah Presiden AS Donald Trump mengadakan pertemuan darurat dengan penasihat keamanan nasionalnya untuk membahas uji coba nuklir yang luar biasa kuat, yang dikatakan melebihi besarnya pemboman atom Hiroshima, Jepang.

"Setiap ancaman terhadap Amerika Serikat atau wilayahnya, termasuk Guam, atau sekutu kita akan disambut dengan respons militer yang besar, sebuah respon yang efektif dan luar biasa. Kami tidak melihat total pemusnahan sebuah negara, yaitu Korea Utara. Tapi seperti yang saya katakan, kami memiliki banyak pilihan untuk melakukannya," Mattis, seperti dkutip dari AFP.

Trump sebelumnya telah mengecam tes tersebut. Dia men-tweet bahwa waktu untuk peredaan telah berakhir dan mengancam sanksi ekonomi drastis, termasuk menghentikan semua perdagangan dengan negara manapun yang melakukan bisnis dengan Korea Utara.

Monitor AS mengukur gempa 6,3 SR berkekuatan tinggi di dekat lokasi pengujian utama Korea Utara, yang terasa sampai bagian China, dengan gempa susulan yang mungkin disebabkan oleh runtuhnya terowongan di lokasi tersebut.