Skip to main content

AS Mengundurkan Diri dari UNESCO

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com - Amerika Serikat (AS) menarik diri dari keanggotaannya di UNESCO. Penarikan diri tersebut efektif per 31 Desember 2017.

"Keputusan ini tidak diambil dengan mudah, ini merefleksikan perhatian AS atas tunggakan di UNESCO, kebutuhan reformasi fundamental dalam organisasi, dan kelanjutan bias anti-Israel di UNESCO," tulis Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (12/10/2017).

Ke depannya, AS akan jadi negara non anggota UNESCO yang akan tetap mengamati kinerja badan kebudayaan dan pendidikan PBB itu.

"Tetap terlibat sebagai negara pengamat non-anggota untuk menyumbangkan pandangan, perspektif dan keahlian AS," masih mengutip pernyataan Departemen Luar Negeri AS.

Dirjen UNESCO Iriana Bokova menyayangkan keputusan AS. Kabar hengkangnya AS diketahui dia dari Menlu AS, Rex Tillerson.

"Sebagai Direktur Jenderal UNESCO, saya ingin mengungkapkan penyesalan mendalam atas keputusan Amerika Serikat menarik diri dari UNESCO," kata Bokova dalam sebuah pernyataan.

Menurut Bokova, keputusan AS ini merugikan hubungan multilateral. Selain itu, keluarga besar PBB juga merasa kehilangan. (detikcom)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top