AS Selidiki 14 Kasus Penularan Virus Zika Lewat Hubungan Seks

AS Selidiki 14 Kasus Penularan Virus Zika Lewat Hubungan Seks

Rabu, 24 Feb 2016 | 16:32 | Muchdi

WinNetNews.com - Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengaku sedang menyelidiki 14 laporan baru dugaan penularan virus zika lewat hubungan seks.

Berdasarkan data CDC, seperti dilansir BBC Indonesia, kasus tersebut melibatkan sejumlah perempuan hamil. CDC mengungkap hal itu setelah menerbitkan panduan baru tentang penularan virus itu melalui hubungan seks.

Panduan tersebut dirilis sebagai respons atas konfirmasi kasus pertama Zika pada warga Amerika Serikat. Si pengidap diketahui tidak bepergian ke Amerika Selatan di mana banyak kasus virus zika ditemukan. Namun ternyata, pasangan wanita itu baru saja kembali dari Venezuela.

Selanjutnya, semua laki-laki yang pernah bepergian ke wilayah tempat virus zika mewabah, menggunakan kondom atau tidak berhubungan seks selama masa kehamilan pasangannya.

 

Sejauh ini, belum ditemukan bukti bahwa perempuan dapat menularkan virus zika ke pasangannya. Dibutuhkan lebih banyak riset untuk memahami persoalan ini.

Pekan lalu, sejumlah ilmuwan mengungkapkan, sebuah studi yang melibatkan perempuan hamil di Brasil “memperkuat” keterkaitan antara virus zika dengan microcephaly pada bayi.

Virus itu diduga dapat menyebabkan bayi lahir dengan ukuran kepala kecil tidak normal dan mempengaruhi perkembangan kognitif mereka.

Riset tersebut mengonfirmasi keberadaan virus zika di cairan ketuban dua perempuan yang mengalami gejala mirip-zika selama kehamilan mereka. Hal ini mengisyaratkan bahwa virus dapat menginfeksi janin. Demikian diungkapkan para pakar di Brasil.

 

Cara infeksi utama virus zika ialah gigitan nyamuk aedes aegypti.

Pada Selasa (23/2/2016), Margaret Chan, Kepala Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan dunia menghadapi “perjalanan panjang” untuk mengalahkan zika.

Ketika berbicara di Brasil, perempuan itu mengatakan virus ini terbilang sangat rumit.

Sumber dari Kompas, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...