Skip to main content

Asal - usul Makanan Indonesia Ini Ternyata dari Belanda!

Asal - usul Makanan Indonesia Ini Ternyata dari Belanda!
Asal - usul Makanan Indonesia Ini Ternyata dari Belanda!

WinNetNews.com - Indonesia pernah dijajah oleh Belanda hinga bertahun – tahun lamanya. Bahkan dari bidaya, penggunaan kata, hingga makanan benar – benar mirip dengan Negara kincir angin itu. Mungkin dari kalian sudah tidak asing dengan makanan – makanan ini, apa saja itu?

1. Sate

image0

Siapa yang tidak mengenal makanan ini. Makanan yang terbuat dari bahan dasar daging dan bumbu kacang memang sangat digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sudah ketagihan dengan makanan ini. tapi siapa sangka, pembuatan sate lebih mirip steak saat dijaman Belanda. Mereka yang kurang mampu menyiasatinya agar tetap bisa makan daging dengan cara yang enak. Akhirnya mereka memotong – motong daging hingga kecil lalu dibakar dan dicelupkan ke dalam bumbu kacang.

2. Kroket

image1

Makanan berbahan dasar kentang ini pertama kali dimasak oleh koki Istana Perancis dan menjadi makanan kesukaan Raja Perancis yaitu Louis XIV, sekitar tahun 1691. Kini koki Prancis ini sudah popular hingga ke Belanda. Penyebaran kroket menyebar lewat jalur perdagangan, mengingat Belanda dan Perancis sama-sama ada di Eropa bagian barat.

3. Selat Solo

image2

Bagi kamu yang asli dari Solo, kamu pasti sudah mengenal makanan yang satu ini. makanan yang dikenal sebagai makanan ningrat ini ternyata juga menyerupai steak. Berbeda dengan sate, untukl selat solo menggunakan kuah kecap sedangkan kembarannya steak asli negara barat biasanya berupa saus worcesterschire.

4. Semur

image3

Semur itu bahasa Indonesia, berasal dari kata smoor yang dari Belanda. Bahan dasar semur dan selat Solo mungkin sama, yang berbeda adalah kalangan yang menyantapnya. Smoor itu adalah makanan Belanda yang artinya rebusan daging.

5. Perkedel

image4

Sudah tahu dengan perkedel? Makanan berbahan dasar kentang atau tepung dengan topingnya yang berbagai macam. Tapi biasanya masyarakata Indonesia menambahkan jagung maupun udang sebagai pelengkap. Perkedel berasal dari bahasa Belanda, yaitu frikadeller, bedanya untuk frikadeller hanya menggunakan daging.

6. Kue cubit

image5

Makanan favorit anak muda jaman sekarang ini memang lagi hits di mana – mana. Toping dengan rasa yang menarik membuat makanan ini semakin dikenal banyak orang. Tapi tahukah kamu jika pembuatan kue cubit mirip dengan salah satu pembuatan kue Belanda, yaitu kue poffertjes. Mungkin saat itu masyarakat Indonesia ingin membuat kue poffertjes tapi dengan cara dicubit, maka jadilah nama kue cubit hehehe.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top