Asam Lambung Naik Bisa Akibatkan Kanker Kerongkongan?
ilustrasi

Asam Lambung Naik Bisa Akibatkan Kanker Kerongkongan?

Kamis, 8 Apr 2021 | 07:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kebanyakan orang mungkin pernah mengalami naik atau refluks asam lambung (GERD) setidaknya sekali dalam hidupnya. Namun, benarkah asam lambung naik sebabkan kanker tenggorokan? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Alasan asam lambung naik bisa sebabkan kanker kerongkongan

Refluks asam lambung, atau biasa juga disebut GERD adalah kondisi asam lambung mengalir ke sepanjang esofagus atau kerongkongan sehingga memunculkan heartburn, yaitu sensasi rasa terbakar di dada. Umumnya kondisi ini terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu yang bisa memicu GERD.

Apabila Anda mengalami refluks asam lambung kronis yang bisa kumat dua kali atau lebih selama per minggu, Anda kemungkinan lebih berisiko terkena kanker kerongkongan.

Jika GERD tidak ditangani dengan baik, asam lambung yang naik bisa melukai lapisan kerongkongan dan menyebabkan peradangan. Nah, jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, maka peradangan akan mengikis kerongkongan dan merusak jaringan di sekitar kerongkongan.

Kerusakan jaringan di kerongkongan akibat asam lambung ini bisa sebabkan kondisi prakanker yang disebut dengan Barret’s esophagus. Kondisi ini menyebabkan jaringan di kerongkongan Anda menjadi mirip dengan jaringan yang ditemukan pada lapisan usus. Hal ini yang menjadi alasan asam lambung naik dapat sebabkan kanker.

Orang yang memiliki gangguan asam lambung sekaligus Barret’s esophagus secara bersamaan, lebih mungkin terkena kanker kerongkongan daripada orang yang hanya memiliki GERD saja.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...