(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Asap Rokok Lebih Bahaya dari Asap Knalpot!

Rani
Rani

Asap Rokok Lebih Bahaya dari Asap Knalpot!

Winnetnews.com - Polusi udara di kota-kota besar tidak hanya berasal dari asap rokok, melainkan juga kendaraan bermotor. Namun para dokter tak henti-hentinya menganjurkan untuk berhenti merokok, sebab polutan ini paling banyak mencemari paru-paru.

Ada sedikitnya 2 alasan mengapa asap rokok lebih banyak mencemari paru-paru. Pertama, rokok diisap langsung dari sumbernya dan langsung terhirup ke saluran napas. Paru-paru adalah satu-satunya organ dalam yang terhubung langsung dengan lingkungan. Jantung, hati, ginjal semua terlindung, tetapi paru bisa tercemar apa saja yang terhirup

Salah satu polutan dari asap rokok yang banyak mencemari paru-paru adalah gas CO atau karbon monoksida. Gas ini berkompetisi dengan O2 atau oksigen untuk berikatan dengan Hb (hemoglobin). Makin banyak CO, makin sedikit O2 yang didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk ke jantung dan otak.

Alasan berikutnya adalah paparan asap rokok, yang umumnya rutin. Normalnya, tubuh akan mengeluarkan racun-racun dalam 24 jam. Termasuk racun dari polusi udara. Pada perokok aktif, paparan rokok jauh lebih tinggi dibanding laju pengeluaran racun sehingga terakumulasi.

Kadar CO dalam udara pernapasan normalnya 1-4 ppm (part per million). Kadar 4-10 ppm menunjukkan seseorang terpapar polusi, atau menjadi perokok pasif. Perokok aktif, pasti di atas 10 ppm. Yang tidak kalah penting untuk dicatat, asap rokok terbukti bisa menyebabkan kecanduan. Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan adanya kecanduan asap knalpot.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});