Asing Tidak Boleh 100% Menguasai Sektor Pariwisata

Asing Tidak Boleh 100% Menguasai Sektor Pariwisata

Rabu, 20 Jan 2016 | 16:14 | Rusmanto
WinNetNews.com - Pemerintah berencana akan membuka sektor pariwisata untuk investor asing. Investor pun nantinya akan diberi berbagai kemudahan untuk berinvestasi pada sektor pariwisata di Indonesia.

Namun, pemerintah tidak akan membuka sektor pariwisata 100 persen untuk asing. Menurut Kepala Badan Koordinasi Penamaan Modal (BKPM) Franky Sibarani, terdapat dua bidang pada sektor pariwisata yang akan ditutup untuk asing.

"Tidak semua dibuka, agen perjalanan dan guide akan ditutup untuk asing," ujar Franky saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Agen perjalanan dan guide akan tetap diberikan sepenuhnya kepada para pelaku usaha pariwisata dalam negeri. Selain karena untuk melindungi pengusaha lokal, kebijakan ini juga disebabkan karena faktor budaya. Pasalnya, pelaku usaha pariwisata dalam negeri tentunya akan lebih mengenal keadaan Indonesia dibanding pihak asing.

Selain sektor pariwisata, lanjut Franky, saat ini pemerintah masih membahas sektor-sektor yang akan dibuka untuk asing. Salah satunya adalah ritel yang saat ini belum masuk ke dalam tahap pembahasan.

"Untuk ritel belum dibahas. Saat ini baru pariwisata," pungkasnya.

disadur dari situs OKZone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...