Asosiasi Sepakbola Jerman Dituduh Menyuap FIFA

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Asosiasi Sepakbola Jerman Dituduh Menyuap FIFA

 

WinNetNews.com - Jaksa di Jerman menyelidiki klaim bahwa DFB (Asosiasi Sepakbola Jerman) dianggap menyuap untuk menjadikan Jerman tuan rumah Piala Dunia 2006. DFB sendiri menolak klaim tersebut seperti dilansir BBC.

Belum ada penyelidikan resmi namun laporan majalah Der Spiegel menyebutkan bahwa dana menyuap itu dipinjamkan bos Adidas, Robert Louis-Dreyfus pada 2005. Dana sebesar 6.7 juta Euro ditransfer untuk acara pembukaan yang kemudian dibatalkan. Der Spiegel mengklaim bahwa legenda bola Franz Beckenbauer dan presiden DFB Wolfgang Niersbach tahu soal ini.

Namun kedua pihak menolak keras tuduhannya. Niersbach mengatakan semua proses Jerman menjadi tuan rumah dijalani dengan sah. DFB sendiri mengeluarkan pernyataan resmi menyangkal tuduhan ini. FIFA sendiri sedang dirundung skandal korupsi dan diselidiki FBI Amerika Serikat. Sementara itu penyelidikan Swiss lain juga menyelidiki proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. Sepp Blatter, presiden FIFA, juga sedang diskors dan akan diselidiki.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});