(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Astronot Ini Kabarkan Keadaan Bumi dari Luar Angkasa. Miris Banget!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Astronot Ini Kabarkan Keadaan Bumi dari Luar Angkasa. Miris Banget! Foto: Twitter/@Thom_astro

WinNetNews.com - Bumi yang kita lihat hanya bulat dan dihiasi oleh kabut putih dari atas. Kadang dominasi warna biru ikut menghiasi indahnya bumi kita. Tapi yang dikatakan oleh astonot ini malah akan bikin kamu terkejut.

Astronot Thomas Pesquet mengamati bumi dari jarak 400 kilometer jauhnya, dan ia menyadari kerapuhan planet ini yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Ada hal-hal yang dipahami seseorang secara intelektual, tapi mana yang tidak benar-benar mereka dapatkan," kata pria berusia 39 tahun itu melalui link video, dengan perlahan melayang-layang dalam gravitasi nol.

Ketika sampai pada pemanasan global, "kita berbicara tentang dua derajat (Celsius) atau empat derajat - ini adalah angka yang terkadang melebihi pemahaman manusia. Tapi untuk melihat planet ini secara keseluruhan ... untuk melihatnya sendiri ... ini memungkinkan kamu untuk benar-benar menghargai kerapuhannya." katanya.

Sepanjang wawancara, Pesquet melayang di ruangan yang penuh dengan mesin, gadget dan kabel - bendera Badan Antariksa Prancis dan Eropa menempel di dinding di belakangnya.

"Orang tidak begitu menghargai betapa tipis atmosfernya, sampai sejauh mana kita mampu menghancurkan planet ini - sampai sejauh mana kita perlu melindunginya," dia berkeras.

Foto: Twitter/@Thom_astro

Tujuannya, yang digariskan dalam Kesepakatan Paris 2015, harus dicapai sebagian dengan membatasi emisi gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil - sebuah industri dengan suara yang kuat dalam politik AS.

Gas-gas ini menumpuk di atmosfir yang sama. Pesquet mengamati dari jauh, dan bertindak hampir seperti selimut untuk menjebak panas Matahari di permukaan.

Foto: Twitter/@Thom_astro

Pesquet dan Novitskiy dijadwalkan kembali ke Bumi pada hari Jumat. Dia akan "agak sedih untuk pergi," kata orang Prancis itu, dengan cekatan memutar mikrofon di antara jari-jarinya dengan bantuan tanpa bobot.

Pesquet, astronot ISS ke-10, telah menjadi selebriti media sosial di rumah, dengan lebih dari 550.000 pengikut di Twitter dimana ia sering memposting foto-foto Bumi dari luar angkasa.

"Planet ini benar-benar permata," katanya pada hari Selasa. "Kita tidak boleh mengacuhkan begitu saja." katanya.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});